Senin, 21 Mei 2018  
Forum Anak 14 Kecamatan di Siak Siap Gali Potensi Anak

Advetorial Siak - - Selasa, 15/05/2018 - 16:06:10 WIB

SIAK, situsriau.com - Seluruh Forum Anak di 14 Kecamatan se Kabupaten Siak adalah wadah bagi anak untuk menggali aspirasi langsung dari anak, karena anak-anak punya hak pelayanan dan fasilitas untuk tumbuh kembangnya. Secara kelembagaan mereka berkomitmen menggali potensi anak di wilayah Kabupaten Siak.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana Kabupaten Siak (DP3AP2KB) Hj Ulfah Hanum menyebutkan scara filosofis anak mempunyai hak untuk hidup, tumbuh dan berkembang dan berpartisipasi aktif secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan.

"Forum anak ini diartikan sebagai organisasi atau lembaga sosial yang digunakan sebagai wadah atau pranata partisipasi bagi anak yang belum berusia 18 tahun, anggotanya merupakan perwakilan dari organisasi anak, kelompok anak atau kelompok kegiatan anak," kata Hj Hanum pada Rakor Forum Anak Kabupaten Siak 2018 di Ruang Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak, Senin (14/5/18).

Dijelaskan Ulfah Hanum, kelembagaan forum anak sangat penting dibina. Sebab melalui forum inilah pemerintah dapat melihat merespon, keingginan, harapan, kebutuhan dan kekehawatiran anak dalam proses pembangunan.

Ulfah mencontohkan keterlibatan Forum anak dalam pembangunan dengan dilibatkannya Forum Anak menyampaikan usulan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) baik di tingkat Desa atau pun di tingkat Kecamatan. Yang nantinya apa yang diinginkan anak dapat terakomodir.

"Kita selalu memantau perkembangan forum anak Kabupaten Siak ini, sebagai dinas yang menanggani langsung forum anak ini, tentunya kita selalu mensuport penguatan kelembagaan, guna keterlibatan anak dalam peroses pengambilan keputusan oleh pemerintah dapat terakomodir,"tandasnya, dikutip goriau.

Hal senada juga di sampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Siak Budhi Yuwono yang mengatakan, keterlibatan anak dalam proses pembangunan menjadi sangat penting, karena untuk menjamin agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal baik dari segi fisik, mental, juga di dalam kehidupan sosial.

Ada lima tujuan terbentuknya forum anak ini bertujuan untuk, Mengkomunikasikan pemenuhan hak dan kewajiban anak, Media Komunikasi organisasi, Menjembatani pemenuhan hak partisipasi anak, Sarana pengembangan bakat, minan dan kemampuan anak, serta sebagai media kompetisi prestasi anak.

"Kita harapkan program forum anak ini kedepan dapat dimasukan di dalam pembahasan baik di musrembang tingkat Kampung, dan juga musrembang tingkat Kacamatan. Agar Kebutuhan dari forum anak ini dapat terpenuhi,"terang Budhi.

Kata Budhi lagi, melalui forum ini anak-anak Kabupaten Siak telah menunjukan eksistensinya di mata nasioanl, dengan dibuktikan beberapa waktu lalu Kabupaten Siak terpilih sebagain Kabupaten layak anak, dan ditunjuknya Green Generation Siak sebagai tuan rumah dalam acara kemah nasional, yang berwawasan lingkungan hijau.

Budhi berpesan kepada anak Siak harus berani tampil di muka publik dan mampu menyampaikan pendapatnya bagi kepentinggan anak-anak Kabupaten Siak.

Acara yang berlangsung pagi Senin itu dihadiri 140 orang perwakilan forum anak dari 14 Kecamatan, pertemuan yang berlangsung pagi Senin itu untuk memilih ketua dan pengurus forum anak Kabupaten Siak. Asmawati perwakilan forum anak dari kecamatan Mempura sebagai Ketua Forum anak kabupaten Siak priode 2018 -2020. (sr5, gr)



Camat Siak Resmi Jadi Ketua Mabiran Pramuka Siak 2016 2021
Di Riau, Pemkab Siak Dinilai Paling Tanggap Pelayanan Publik
Mantab! Gerakan Masyarakat Siak Berzakat Tembus Angka Rp1,2 Miliar
Bupati Siak Kembali Ajak Warganya Terapkan Magrib Mengaji
Buka Porseni PGRI, Mendikbud Sampaikan Apresiasi Luar Biasa untuk Pemkab Siak
Wabup: Sukseskan Bersama karena Menyangkut Marwah Siak
Gayung Bersambut, Pemkab Siak MoU dengan Bank Riau Kepri Soal Program Modal UMKM
Dokter di Siak Diminta Bertugas Lebih Profesional
Luar Biasa! Siak Tetap Raih Opini WTP untuk ke 6 Kalinya
Sekarang Pengurusan e-KTP Tidak Lagi Pakai Surat Pengantar
Ditetapkan Jadi Kabupaten Hijau, Siak sudah Tanam 45 Ribu Pohon Baru
Wakil Bupati Alfedri Bupati PENTAS PAI Perdana di Siak
Pemkab Siak Beri Partisipasi dalam Gowes Pesona Nusantara di Pekanbaru
Peringatan Hari Pahlawan 10 November Perkokoh Persatuan Membangun Negeri
Ssst, Tenyata Bupati Siak Tak Pernah Ikut Panjat Pinang Lho!
Pawai Takbir Idul Adha di Siak Bakal Diikuti 33 Peserta dari Seluruh Kecamatan
ASN dan Guru di Siak Dituntut Bekerja Profesional
Wabup Siak Terima Langsung Anugerah Green City Award
Berpotensi Besar, Tapi Sektor Pajak di Tualang Belum Tergarap Maksimal
Wisatawan dari Berbagai Daerah Serbu Istana Siak di Libur Natal & Tahun Baru
Asisten III Buka Sosialisasi Program Jaminan Sosial kepada Personal In Charger Kecamatan
Bupati Siak: Tahniah untuk Kuantan Singingi
Pemkab Siak Berupaya Perda-kan Pemeliharaan Arsip Daerah
Beras Siak Kota Istana Kini sudah Bisa Dinikmati Masyarakat Sungai Apit
Pemkab Siak Berhasil Tingkatkan Populasi Ternak Sapi 3 Tahun Berturut-turut
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved