Kamis, 29 Oktober 2020  
Sambut Idul Adha Ditengah Pandemi
Pemkab - Kemenag Siak Keluarkan Tuntunan Ied dan Pemotongan Hewan

Advetorial Siak - - Rabu, 29/07/2020 - 23:59:27 WIB

SIAK, situsriau.com- Masa pandemi corona virus, pemerintah mengeluarkan tata cara khusus pelaksanaan shalat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban tahun 2020 ini, yang jatuh pada hari Jum'at (31/7/2020) lusa.

Terkait itu,  semua pihak diminta menyesuaikan tata cara pelaksanaan ibadah shalat  Idul Adha dan penyembelihan qurban pada tahun ini sesuai ketentuan kondisi new normal.

Paralel dengan hal tersebut,Pemerintah Kabupaten  Siak dan Kemenag mengeluarkan tuntunan pelaksanaan penyelenggaraan shalat Idul Adha dan pemotongan hewan Qurban berdasarkan Surat Edaran dari Kementrian Agama RI, No. SE 18 Tahun 2020, tentang penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban di masa pandemi covid-19.

Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Jamaluddin dalam arahannya menyampaikan bahwa pelaksanaan shalat Idul Adha di laksanakan di Masjid maupun lapangan.Syaratnya,tetap menerapkan protokol kesehatan, dan panitia penyelenggara harus disiplin melakukan pengawasan yang ketat.

"Pelaksanaan shalat Idul Adha dapat di laksanakan di Masjid maupun di lapangan,namun saya menghimbau agar di lapangan saja, agar mudah dalam penerapan protokol kesehatan secara ketat oleh penyelenggara, kami Pemerintah Kabupaten Siak juga akan melaksanakan shalat Idul Adha bersama masyarakat di lapangan Siak Bermadah depan Istana Siak", sebut Jamaluddin saat memimpin rapat akhir persiapan  pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban, bersama Kemenag Kabupaten Siak, dan Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, di Zamrud Room, Lt.I Kantor Bupati Siak. Rabu (29/7/2020)

Panitia pelaksana juga di harapkan menyediakan peralatan cuci tangan dengan air mengalir berikut hand sanitizer. Juga memeriksa suhu tubuh jamaah, di harapkan pula pelaksanaan khutbah tidak lama untuk mempersingkat waktu berkumpul jamaah.

"Seluruh jamaah wajib menggunakan masker, membawa sajaddah sendiri,dan menjaga jarak serta tidak saling bersalaman. Anak di usia balita serta orang tua dan yang mengidap suatu penyakit di anjurkan untuk tidak diikutsertakan" jelasnya.

Diperkirakan,protokol kesehatan seperti ini sudah dapat di pahami dan bisa di laksanakan masyarakat, mengingat hal serupa,dalam beberapa waktu terakhir sudah dapat di terapkan dengan baik di dalam pelaksanaan shalat jum'at.

Pejabat Sekda lalu menjelaskan protokol kesehatan untuk pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dan 3 hari tasyrik berikutnya.

Panjangnya waktu tersedia,kiranya dapat dimanfaatkan untuk melakukan penyembelihan qurban secara bergantian, jika jumlah hewan qurban terbilang banyak di satu lokasi.

Sebelum dan sesudah penyembelihan di laksanakan,panitia dianjurkan melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi, menyediakan peralatan cuci tangan,hand sanitizer,serta alat pemeriksa suhu tubuh.

Pada saat penyembelihan berlangsung, panitia menerapkan ketentuan jaga jarak secara disiplin diantara mereka yang hadir. Posisi petugas pemotongan daging tidak saling berhadapan.Sementara itu, kotoran hewan qurban untuk di kubur di tempat yang telah di sediakan dan di sepakati.

"Para petugas penyembelihan dan mereka yang membantu,harus di pastikan dalam kondisi sehat untuk menjamin daging qurban bebas covid-19.Jumlahnya harus di sesuaikan dengan luas areal tempat kegiatan berlangsung, agar jaga jarak aman dapat di terapkan dengan baik dan disiplin", tegasnya.

Pj.Sekda juga berharap agar warga yang berqurban,serta masyarakat umum tidak hadir di lokasi penyembelihan.Apabila tetap hadir, maka wajib mentaati protokol kesehatan yang akan di pandu oleh petugas.

"Selain petugas dan panitia, warga lain memang sebaiknya tidak ikut menghadiri proses penyembelihan, untuk menghindari terjadinya kerumunan. Jika tetap ada yang hadir,maka harus mentaati protokol kesehatan yang nantinya di sampaikan petugas", harapnya.

Dalam hal ini,panitia dianjurkan memasang spanduk himbauan warga yang tidak berkepentingan untuk tidak berada di sekitar lokasi. Dengan mempertimbangkan suasana pandemi,seluruh kegiatan mulai dari penyembelihan sampai pemotongan dan pembagian hendaknya selesai saat shalat ashar tiba(infotorial).


Camat Siak Resmi Jadi Ketua Mabiran Pramuka Siak 2016 2021
Di Riau, Pemkab Siak Dinilai Paling Tanggap Pelayanan Publik
Peringatan Hari Pahlawan 10 November Perkokoh Persatuan Membangun Negeri
Sekarang Pengurusan e-KTP Tidak Lagi Pakai Surat Pengantar
Mantab! Gerakan Masyarakat Siak Berzakat Tembus Angka Rp1,2 Miliar
Bupati Siak: Tahniah untuk Kuantan Singingi
Buka Porseni PGRI, Mendikbud Sampaikan Apresiasi Luar Biasa untuk Pemkab Siak
Wakil Bupati Alfedri Bupati PENTAS PAI Perdana di Siak
Bupati Siak Kembali Ajak Warganya Terapkan Magrib Mengaji
Asisten III Buka Sosialisasi Program Jaminan Sosial kepada Personal In Charger Kecamatan
ASN dan Guru di Siak Dituntut Bekerja Profesional
Gayung Bersambut, Pemkab Siak MoU dengan Bank Riau Kepri Soal Program Modal UMKM
Wabup: Sukseskan Bersama karena Menyangkut Marwah Siak
Ditetapkan Jadi Kabupaten Hijau, Siak sudah Tanam 45 Ribu Pohon Baru
Pawai Takbir Idul Adha di Siak Bakal Diikuti 33 Peserta dari Seluruh Kecamatan
Luar Biasa! Siak Tetap Raih Opini WTP untuk ke 6 Kalinya
Pemkab Siak Beri Partisipasi dalam Gowes Pesona Nusantara di Pekanbaru
Pemkab Siak Berupaya Perda-kan Pemeliharaan Arsip Daerah
Ssst, Tenyata Bupati Siak Tak Pernah Ikut Panjat Pinang Lho!
Dokter di Siak Diminta Bertugas Lebih Profesional
Pemkab Siak Berhasil Tingkatkan Populasi Ternak Sapi 3 Tahun Berturut-turut
Wisatawan dari Berbagai Daerah Serbu Istana Siak di Libur Natal & Tahun Baru
Wabup Siak Terima Langsung Anugerah Green City Award
Berpotensi Besar, Tapi Sektor Pajak di Tualang Belum Tergarap Maksimal
Beras Siak Kota Istana Kini sudah Bisa Dinikmati Masyarakat Sungai Apit
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved