Selasa, 21 08 2018  
Pemilihan Bujang Dara 2016, Ajang Bangkitkan Potensi Wisata Kampar

Advetorial Kampar - - Jumat, 20/05/2016 - 07:55:24 WIB
Pemilihan Bujang Dara Kampar 2016
KAMPAR,situsriau.com- Ajang pemilihan Bujang dan Dara Kabupaten Kampar tahun 2016 ini salah satu tujuannya diharapkan mampu menjembatani peningkatan kunjungan wisatawan lokal maupun manca negara ke Kota Seramni Mekkah.

Melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar, ajang pemilihan Bujang dan Dara tahun 2016 ini telah menjaring putra-putri berbakat sejak 4 April hingga 13 Mei 2016 di Kantor Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar di Jalan Tuanku Tambusai, Bangkinang. 

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar H Ismail, S.Sos didampingi Kepala Seksi Promosi Bidang  Pariwisata Iskandar baru baru mengatakan, pemilihan Bujang dan Dara Kabupaten Kampar tahun 2016 ini merupakan iven nasional untuk memajukan dan mengembangkan pariwisata di Kabupaten Kampar dan nasional.

"Agenda nasional untuk memajukan wisata daerah, apalagi Kampar kaya dengan objek wisata dan itu bukan pemilihan putri daerah ini khusus bidang pariwisata," kata H.Ismail.

Lebih jauh disampikannya, salah satu tujuan utama pemilihan Bujang Dara Kabupaten Kampar ini adalah untuk menentukan duta wisata untuk daerah Kabupaten Kampar.

Adapun kriteria pemilihan Bujang Dara ini diantaranya, tingkat kecerdasan, kepemanduan dan wawasan. "Bujang dara itu harus cerdas, mempunyai sikap mental pramuwisata dan harus memiliki wawasan yang luas tentang kepariwisataan kedaerahan," tegasnya. Calon Bujang dan Dara ini hendaknya berpenampilan menarik.

"Bahasa Inggris harus lancar, karena itu tuntutannya, berpengetahuan sosial," ucapnya sambil mengatakan sasaran peserta iven ini adalah siswa dan mahasiswa, karena usianya diantara 17-24 tahun.  

Pemenang Bujang Dara Kampar tahun lalu saat mengikuti Bujang Dara Riau

Sementara itu Kasi Promosi Bidang Pariwisata Dinas Parpora Kampar Iskandar menambahkan, Bujang Dara terpilih akan dilibatkan setiap iven pariwisata di Kabupaten Kampar. "Selama setahun setiap iven pariwisata di Kampar kita akan libatkan Bujang dan Dara dan tentunya mereka akan mendapatkan honor setiap iven selain itu uang pembinaan juga ada kok," jelas Iskandar.

Iskandar juga menyampaikan pengumuman seleksi Bujang dan Dara Kampar 2016 ini akan dilaksanakan 23 Mei 2016 nanti.

Selanjutnya, peserta yang terpilih pada 10 besar akan dikanrantina mulai 25 hingga 27 Mei 2016 untuk selanjutnya akan diumumkan pemenang pada malam grand final 28 Mei 2016 mendatang.


Potensi Wisata Kampar yang Patut Direkomendasikan

Kabupaten Kampar yang bertetanggan dengan Sumatera Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga memiliki banyak potensi wisata yang mencengangkan. Bahkan, air terjun tertinggi di SUmatera ada di Kabupaten Kampar, yakni Air Terjun Lubuk Bigau.

Air terjun Lubuk Bigau terletak di Kabupaten Kampar Riau, terletak ditengah hutan belantara, diapit oleh pepohonan hutan yang lebat, berada diantara desa Lubuk Bigau, Kobun Tinggi dan Pangkalan Kapas Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

Air terjun spektakuler ini berdiri kokoh setinggi tidak kurang dari 130 meter, jauh lebih tinggi dari Air Terjun Lembah Anai (60 meter) atau Sipiso-piso (120 meter). Tumpahan airnya menghujam langsung kebawah tanpa menyentuh dinding tebing yang menjulang tinggi ke awan, sungguh air terjun yang spektakuler!

Penasaran ingin menyaksikan langsung ketinggian air Lubuk Bigau ini,  menuju kesana anda mesti memilih salah satu dari dua jalur atau lintasan yang ada, yaitu bisa dari Desa Hulu Air, Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatra Barat atau melalui Lipat Kain Kecamatan Kampar Kiri hingga Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

Jika melewati jalur dari Lipat kain ini,  paling tidak butuh lima jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor atau mobil hingga menuju desa terakhir tepatnya desa Lubuk Bigau Kecamatan Kampar Kiri Hulu. Walau sedikit agak berat perjalanan menuju Ait Terjun Lubuk Bigau ini, namun sensasi wisata adventure yang ditawarkannya akan 'membayar' letih perjalanan itu.




Air Terjun Lubuk Bigau Tertinggi se-Sumatera


Selain Lubuk Bigau yang perlu digencarkan promosinya oleh Bujang dan Dara Kampar 2016 nanti, maka objek wisata yang sudah sangat terkenal seperti Candi Muara Takus tentu masih menjadi pilihan utama. Candi Muara Takus sejauh ini masih menjadi satu satunya candi yang ada di provinsi Riau. 

Candi Muara Takus terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar atau jaraknya kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru. Jarak antara kompleks candi ini dengan pusat desa Muara Takus sekitar 2,5 kilometer dan tak jauh dari pinggir sungai Kampar Kanan.

Selain itu, objek wisata lain yaotu Istana Kerajaan Gunung Sahilan perlu direkomendasikan kepada wisatawan. Gunung Sahilan adalah sebuah desa di Kabupaten Kampar. Peninggalan sejarah Kerajaan Gunung Sahilan ini sangat menarik untuk diketahui an diteruskan ceritanya kepada generasi muda.

Selain itu, Musem Kendil Emas yang berlokasi di Pulau Belimbing Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar sudah dibuka untuk umum sejak 22 Mei 1988 silam. Museum yang berada di Pulau Belimbing Kuok Bangkinang ini merupakan sebuah rumah berbentuk rumah adat Lima Koto Kampar yang dibangun sekitar tahun 1.900 oleh almarhum Haji Hamid.

Nah, sejumlah objek wisata diatas masih segelintir dari jumlah objek wisata alam maupun wisata sejarah dan wisata religius yang bisa ditawarkan Pemkab Kampar melalui kelihaian Bijang dan Kampar dalam mempromosikannya nanti. Kahadiran Bujang dan Dara Kampar 2016 ini tentu akan membawa dampak positif bagi pengembangan potensi wisata jika dinas terkait terus mendampingi mereka. Semoga. (adv)


Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved