Senin, 17/12/2018  
Industri Pariwisata Menjadi Andalan
Wujudkan Program 3 i, Pemkab Kampar Komit Peningkatan Infrastruktur

Advetorial Kampar - - Rabu, 02/08/2017 - 16:21:52 WIB
Bupati Kampar Aziz Zainal
BANGKINANG, situsriau.com- Pemerintah Kabupaten Kampar terus menggesa penguatan infrastruktur untuk mempercepat peningkatan perekonomian masyarakat.

Seiring dengan perkembangan sektor Pariwisata saat ini menjadi salah satu sektor andalan bagi Pemerintah Kabupaten Kampar, maka penguatan infrastruktur untuk menunjang sektor pariwisata juga sedang menjadi perhatian Pemkab Kampar.

Bupati kampar Aziz Zainal saat  berbincang dengan awak media juga menekankan pentingnya infrastruktur yang baik untuk memudahkan para wisatawan baik mancanegara maupun lokal, yang berkunjung untuk menikmati objek wisata  di Kampar.

Bahkan komitmen peningkatan Pariwisata ini sudah disampaikan oleh Bupati Kampar Aziz Zaenal dalam berbagai kesempatan dan pertemuan. Melalui  program 3 I yakni Industri, Investasi dan Infrastruktur.

Melalui Program 3i ini Bupati Kampar Aziz Zaenal juga berpesan kepada Dinas Pariwisata dan Budaya untuk terus berinovasi dan mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Kampar ini.

"Saya minta kepada Dinas terkait untuk memasang baliho diperbatasan dan tempat-tempat strategis untuk mempromosikan objek wisata yang kita punya," ucap Aziz Zaenal beberapa waktu lalu saat melakukan pertemuan dengan Kepala OPD Kabupaten Kampar dalam rangka menggali potensi yang ada di wilayah Kabupaten Kampar.

Sebagai bentuk keseriusan dalam mengembangkan wisata di Kampar, Aziz Zaenal juga berharap agar membangun kantor Parisiwata di tengah kota hal ini untuk memudahkan para wisatawan untuk mendapatkan informasi tentang objek wisata apa saja yang ada untuk mereka kunjungi.



Direktur Pengembangan Jaringan Jalan Kementrian PU PR
Republik Indonesia Arief Rahman, bersama Bupati Kampar Azis Zaenal, Kadis PU PP
Kampar Indra Pomi, melakukan peninjauan dibeberapa titik pelebaran ruas jalan di
Kabupaten Kampar




Ditempat terpisah, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kampar Indra Pomi menyatakan pihaknya akan berupaya meningkatkan infrastuktur seperti jalan dan jembatan guna menopang berbagai sektor pembangunan di Kampar, termasuk sektor Pariwisata.

Meskipun demikian, keterbatasana anggaran membuat sejumlah program yang sudah direncanakan belum bisa direalisasikan. "Namun karena terbatasnya belanja langsung APBD Kampar kita tetap berupaya untuk memperjuangkan anggaran dana ke Pemerintah Pusat salah satunya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK)," kata Indra Pomi seraya mengatakan pihaknya sudah membicarakan hal tersebut dengan Bupati Kampar Aziz Zainal.

Foto H. Azis Zaenal, SH. MM.
Penguatan Infrastruktur menjadi catatan penting bagi Pemkab Kampar sebagai tuan rumah Porprov 2017


Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar H Azwan menyampaikan, pada prinsipnya Bappeda Kabupaten Kampar mendukung program dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan termasuk dukungan dalam pengajuan proposal dana alokasi khusus (DAK) ke Kementerian beberapa hari lalu.

"Ini bentuk dukungan Bappeda kepada seluruh OPD agar mendapatkan dana di Kementerian. Itu disampaikan kepada Kementrian terkait. Doakan usulan kita masuk di pusat," ucap Azwan.

Dikatakan Azwan, Bupati Kampar H Azis Zaenal sangat berkomitmen untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Kampar. Karena itu seluruh destinasi wisata yang ada akan dibenahi mulai dari infrastruktur jalan menuju lokasi hingga pembenahan sarana dan prasarana pendukungnya.

"Karena ini merupakan sumber pendapatan bagi masyarakat. Pariwisata memiliki dampak ekonomi dari masyarakat. Makanya, pembenahan inftrastruktur menuju lokasi wisata akan kita tingkatkan," ungkap Azwan.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Kampar Syamsul Bahri menyatakan saat ini di Kabupaten Kampar terdapat 72 objek wisata yang tersebar di wilayah Kabupaten Kampar yang diantaranya Candi Muara Takus di Kecamatan XIII Koto Kampar.

Dikatakannya terkait pengembangan sektor pariwisata ada istilah 3A yakni Aksesibilitas,Atraksi,Amenitas.Untuk infrakstruktur yang terjabar dalam Aksesibilitas yakni tentang pembangunan jalan.

"Bicara infrastuktur sama dengan bicara Aksesibilitas, ini yang menjadi kendala bagi kita dalam pembangunan jalan karena banyaknya lokasi objek wisata terbentur oleh aturan dan regulasi yang ada,"ucapnya.

Diterangkannya ada beberapa objek wisata untuk infrastruktur yakni pembangunan jalan sudah mulai dilaksanakan seperti pembangunan jalan arah ke Candi Muara Takus.

"Alhamdulillah dalam tahun ini pembangunannya selesai dan diharapkan akses menuju ke Candi Muara Takus bagus dan lebih nyaman lagi,"ujarnya.

Dijelaskannya saat ini ada beberapa lokasi objek wisata yang memang menjadi perhatian para wisatawan seperti Air Terjun Ulu Kasok di desa Pulau Gadang, Kawasan Wisata Gulamo Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Batu Dinding Desa Tanjung Belit Kecamatan Kampar Kiri Hulu.A ir Terjun Lubuk Bigau Kecamatan Kampar Kiri Hulu. (adv)






Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved