Minggu, 18 November 2018  
Kuansing Menuju Penerapan E-Goverment, Segera Miliki Rencana Induk Pengembangan IT

Advetorial Kuantan Singingi - - Selasa, 22/08/2017 - 21:45:32 WIB

TELUK KUANTAN, situsriau.com- Berdasarkan amanat intruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 bahwa pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam proses pemerintahan akan meningkatkan efisien, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintah, maka Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi siap untuk mewujudkan penerapan e-goverment (elektronik pemerintah atau pemerintah digital) untuk menuju kemandirian pemerintah daerah di era otonomi.

Terkait upaya penerapan e-goverment ini, Plt Kepala dinas Informasi, Komunikasi, Statistik dan Persandian Kabupaten Kuansing, Syamsir Alam ketika berbincang dengan wartawan beberapa waktu lalu di ruang kerjanya mengatakan bahwa Pemkab Kuansing perlu untuk segera memiliki rencana induk pengembangan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini.

Hal tersebut untuk mendukung aktifitas-aktifitas Pemkab Kuansing yang meliputi aktifitas intern pemerintah dalam suatu intansi maupun antar instansi serta aktifitas pemberian layanan untuk masyarakat.

Untuk saat ini kata Samsir Alam, kondisi aplikasi e-goverment di lingkungan Pemkab Kuansing umumnya masih bersifat sektoral, terpisah-pisah dan tidak saling berinteraksi serta heterogen.

Untuk itu, Interoperabilitas antar aplikasi e-goverment menjadi hal penting untuk dicari solusinya agar masalah pengembangan e-goverment di Kabupaten Kuansing tidak berlarut-larut, seperti pada penerapan Sitem Aplikasi Kependudukan (SIMDUK), Sistem Aplikasi Pemerintah Daerah (SIMPATDA), Sitem Aplikasi Kepegawaian (SIMPEG), Sistem Aplikasi Pelayanan Terpadu (SIPEDU), Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD), Sistem Aplikasi Pelayanan Pendidikan (SIMDIK), dan Sistem Aplikasi Pelayanan Kesehatan (SIMKES). Semua contoh aplikasi ini menurut Samsir Alam seharusnya sudah dibangun secara terpadu.

Selanjutnya sambung Samsir Alam, salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Kuansing saat ini ada disektor budaya, pariwisata, perdagangan dan sektor pertanian sebagai sektor unggulan yang mendorong sektor pelayanan dasar, pengembangan dan pemberdayaan ekonomi lokal dengan pembenahan kelembagaan secara menyeluruh melalui sistem ekonomi kerakyatan.

Berdasarkan prioritas pembangunan tersebut dapat mengacu pada tingkat pengembangan e-goverment yaitu tahapan pertama, e-goverment dikembangkan sebagai internal-networked, kemudian pada tahapan kedua dikembangkan menjadi internally-networked dan tahapan ketiga menjadi externally networked.

Untuk tahapan pertama ini dijelaskan Samsir Alam telah diawali dengan pembangunan infrastruktur jaringan antar instansi dan pembangunan berbagai sistem informasi di beberapa instansi, yang hanya saja masih dikembangkan kearah pemanfaatan infrastruktur jaringan.

Sedangkan untuk tahapan kedua, telah dimulai dengan tersedianya Unit Pelayanan Terpadu (UPT) tempat mengurus perizinan dalam satu atap, kondisi ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan mengintegrasikan seluruh instansi perizinan secara online ke UPT.

Kemudian untuk tahapan ketiga baru bisa direalisasikan jika pemerintah Kuansing memfasilitasi terbentuknya komunitas lokal yang berbasis TIK.

Untuk pengembangan e-goverment ini sebut Samsir Alam dijabarken dengan berbagai komponen yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), Infrastruktur Aplikasi, data dan informasi serta komponen kebijakan.

Sementara untuk sasaran pelayanan e-goverment ini yaitu untuk pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. E-goverment ini sendiri dapat dibagi dalam berbagai tipe diantaranya G2C (Goverment to Citizen), yang merupakan aplikasi e-goverment yang paling umum dimana pemerintah membangun dan menerapkan berbagai teknologi informasi dengan tujuan utama untu memperbaiki hubungan interaksi dengan masyarakat, sebagai contoh, SIM, STNK, daftar haji dan daftar pencari kerja.

Berikutnya G2G (Goverment to Bisnis) sebagai contoh aplikasi pajak, tender proyek yang melibatkan swasta. Terakhir G2G (Govermen to Goverment) yaitu instansi antar instansi.(Advertorial/Ultra)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved