Minggu, 22 Oktober 2017  
Dishub Kuansing Kembalikan Fungsi Kawasan Terminal

Advetorial Kuantan Singingi - - Kamis, 12/10/2017 - 21:19:56 WIB

TELUK KUANTAN, situsriau.com-  Tahun 2017 ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Kuantan Singingi telah melaksanakan program pengembalian fungsi kawasan Terminal bus Teluk Kuantan yang sebelumnya dijadikan pasar oleh ratusan pedagang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala dinas perhubungan Kabupaten Kuansing, Sukardi, SE saat berbincang dengan wartawan usai acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Kabupaten Kuansing, di Teluk Kuantan, Kamis (12/10/2017) memaparkan bahwa lebih dari 10 tahun sebagian besar kawasan terminal beralih fungsi menjadi pasar yang selama ini dikenal oleh masyarakat sebagai pasar lumpur.

"Tahun ini, seluruh pedagang di pasar lumpur tersebut sudah direlokasi ke pasar rakyat, sehingga kita bisa kembali memfungsikan kawasan ini sebagai kawasan terminal,"ujar Sukardi.

Pasca direlokasinya para pedagang ini terang Sukardi, sekarang eks lokasi pasar lumpur tersebut sudah dilakukan penimbunan dan rencananya akan dibangun terminal barang sekaligus bisa dimanfaatkan untuk lokasi parkir saat pelaksaan festival pacu jalur yang diselenggarakan setiap tahunnya di Teluk Kuantan.

"Setelah lokasi eks pasar lumpur ini dikosongkan, langsung kita lakukan penimbunan dan itu telah selesai dengan anggaran biaya lebih kurang Rp 190 juta,"terang Sukardi.

Foto Didis SitusRiau.

Sementara terkait rencana pembangunan terminal barang di kawasan tersebut, kata Sukardi akan disusun perencanaan dan ranperdanya."Kita memang menginginkan agar mobil angkutan barang yang berkapasitas besar ke depan tidak lagi masuk kota dan parkir di depan pertokoan untuk melakukan aktifitas bongkar muat, sehingga aktifitas bongkar muat ini dilakukan di terminal barang, jadi kita memang berharap ada terminal barang ini, namun hal itu perlu ada dasar hukumnya, jadi harus kita buat Perdanya,"terang Sukardi.

Jadi di terminal barang ini nantinya kata Sukardi akan dibangun gudang dan fasilitas umum lainnya. Namun menyangkut rencana ini sambung Sukardi dirinya berharap disusun dan dilanjutkan oleh kepala dinas definitif."Sekarang kan saya masih Plt dan sebentar lagi pensiun, jadi kita tunggu ada kadis defenitif disini nanti baru bersama-sama kita susun langkah-langkah kedepannya untuk realisasinya,"sambung Sukardi.

Foto Didis SitusRiau.

Kemudian, program lainnya yang dilaksanakan oleh Dishub tahun 2017 ini kata Sukardi diantaranya pembenahan rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, penyuluhan terhadap juru mudi, pembentukan forum LLAJ yang saat inisedang persiapan SK Bupati dan melakukan uji petik kendaran.

Sedangkan persoalan badan jalan di sekitar pasar rakyat yang saat ini digunakan oleh para pedagang sehingga mengganggu kenyamanan para pedagang, menurut Sukardi pihaknya terus berkoordinasi dengan intansi terkait seperti Disperindagkop UKM dan Satpol PP untuk mencarikan solusinya. Sebab menurutnya kondisi ini terjadi karena adanya pasar tumpah terutama disaat-saat hari pasar.(Adv/Ultra Sandi)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved