Senin, 21 09 2020  
LPKT Siap Jalankan Amanah Sebagai 'Pagar Nagori'

Advetorial Kuantan Singingi - - Kamis, 20/08/2020 - 17:01:14 WIB

TELUK KUANTAN, situsriau.com - Laskar Pemuda Kenegrian Taluk Kuantan (LPKT) menggelar acara silaturahmi yang diikuti oleh seluruh anggota dan pengurus inti, Rabu (19/8/2020) malam di Cafe Tepi Sawah, Teluk Kuantan.

Selain itu, dimalam penuh keakraban ini juga dihadiri para Kepala desa yang ada di Kenegrian Taluk Kuantan serta para Srikandi LKPT. Diacara tersebut, seluruh pengurus dan anggota LPKT menyatakan siap untuk menjalankan amanah sebagai 'Pagar Nagori'.

Ir.Emerson selaku ketua Umum LKPT ketika menyampaikan sambutannya meminta kepada seluruh anggota dan pengurus LKPT untuk selalu kompak dan bersatu."Apabila kita kompak dan bersatu, maka akan tercipta sebuah kekuatan besar. Dengan kekuatan besar yang kita miliki ini, amanah sebagai pagar nagori yang diembankan kepada kita oleh Datuk Penghulu dan Pemangku adat kenegrian bisa kita jalankan,"ujar Emerson.

Sedikit membuka kisah terbentuknya LPKT ini, Emerson mengatakan bahwa LPKT dibentuk pada tahun 2020 lalu. Saat itu Datuk Penghulu nan berompek beserta para pemangku adat kenegrian Taluk Kuantan memberi mandat kepada LPKT untuk menjaga Kenegrian Taluk Kuantan dari seluruh permasalahan yang dihadapi.

"Apapun permasalahan yang dihadapi oleh anak cucu kemenakan dan masyarakat Kenegrian Taluk Kuantan ini, LPKT berada dibarisan paling depan. Kita harus menjadi benteng bagi para datuk dan pemangku adat negeri ini. Itu lah hakikat dan makna yang tersirat dalam fungsi kita sebagai pagar nagori,"terang Emerson.

Oleh sebab itu, Emerson meminta kepada seluruh anggota dan pengurus untuk menjadikan LPKT sebagai hati dan jiwa didiri masing-masing."Mari kita jadikan LPKT ini sebagai hati dan jiwa kita. Sehingga apa yang kita lakukan bersama LPKT benar-benar sebuah keikhlasan. Dengan begitu marwah negeri kita akan bisa kita jaga,"tuturnya.

Apalagi sebut Emerson, Kenegrian Taluk Kuantan sebagai ibukota Kabupaten Kuantan Singingi yang seluruh kepentingan ada di sini."Sebagai ibukota kabupaten, banyak kepentingan berada di sini. Jika marwah kita tidak kita jaga, maka kita tidak akan dianggap. Untuk itu mari kita solid untuk menjaga marwah kita. Jangan sampai jalan kito dianjak dek urang lalu,"ujarnya.

Pada kesempatan itu, Emerson juga menceritakan berbagai hal yang telah LKPT perbuat selama kurun waktu 10 tahun berdiri. Salah satunya yaitu berjuang merebut kembali hak ulayat masyarakat Kenegrian Taluk Kuantan yang saat ini di kuasai oleh Perusahaan seperti PT.Duta Palma dan PT.RAPP.

"Kita bersama seluruh elemen masyarakat Kenegrian Taluk Kuantan beberapa tahun lalu, sudah melakukan aksi dan berhasil memancang tapal batas ulayat kita. Ketika itu LPKT sebagai motor pergerakan, dan saya langsung memimpin di lapangan. Namun memang perjuangan untuk mengembalikan hak ulayat kita yang saat ini masih dikuasai perusahan itu belum berhasil. Tapi perjuangan kita belum berakhir. Sekarang kita masih menjalani prosesnya dan kita akan terus berjuang,"tegas Emerson.

Kemudian, diKesempatan tersebut Emerson juga mengatakan bahwa LPKT merupakan wadah bagi para Pemuda Kenegrian Taluk Kuantan untuk bernaung."Silahkan manfaatkan LPKT ini sebagai wadah untuk Pemuda kita berkreasi dan berinovasi. Secara sederhana kita ibaratkan LPKT ini sebuah wajan atau kuali yang disediakan untuk kita. Mari kita berkreasi dan berinovasi untuk meracik sebuah masakan yang lezat dengan memanfaatkan kuali ini untuk memasaknya. Nanti makanan yang lezat yang kita masak ini kita hidangkan untuk seluruh masyarakat kita, masyarakat Kenegrian Teluk Kuantan,"ujar Emerson.

Dikesempatan yang sama, Wakil Ketua I LPKT, Rustam Salam juga menyampakan beberapa hal termasuk berbagai program yang sudah dan akan dijalankan oleh LPKT. Diantaranya terkait pendirian sekretariat LPKT di tengah-tengah kota Taluk Kuantan, kemudian terkait pemberdayaan, dan juga tentang kesiapan LPKT dalam berjuang bersama-sama untuk merebut kue pembangunan untuk masyarakat Kenegrian Teluk Kuantan.

Rustam Salam juga mengatakan, salah satu tujuan acara silaturahmi ini digelar, selain untuk merajut silaturahmi dan keakraban, juga dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk berdiskusi. Acara seperti ini akan menjadi agenda rutin bagi LPKT kedepan."Acara seperti ini akan rutin kita laksanakan, karena sangat bermanfaat. Selain dapat menjaga kekompakan, juga sebagai wadah kita untuk berdiskusi dan menerima berbagai masukan dari anggota,"ujarnya. (Ultra Sandi)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved