Minggu, 20 09 2020  
Politik / Diusung PKB, Lukman Edy Jajaki Koalisi Partai
Siap Jadi Gubernur Riau,
Diusung PKB, Lukman Edy Jajaki Koalisi Partai

Politik - - Senin, 12/06/2017 - 01:03:12 WIB

JAKARTA, situsriau.com- Siap menjadi Gubernur Riau, Lukman Edy sebagai kandidat calon Gubernur Riau 2018, dipastikan menjadi balon dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan siap berkoalisi dengan Partai lain.

Namun karen keterwakilan PKB di DPRD Riau tidak mencukupi untuk mengajukan calon sendirian, maka saat ini beberapa partai sedang dijajaki untuk berkoalisi.

Hal ini disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (Wasekjen PKB) Daniel Johan, Minggu (11/6/17) di Jakarta.

"Resmi tapi belum final karena tetap harus melalui mekanisme yang ditetapkan LPP (Lembaga Pemenangan Pemilu). Koalisi DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) terus berjalan dan masih berproses, dimana PKB Riau membutuhkan setidaknya 13 kursi keterwakilan di DPRD, yang mengharuskan harus berkoalisi dengan parpol lain," ujarnya.

Lukman Edy sendiri sudah mendaftar maju ke Pilgub Riau dengan 7 kandidat lainnya ke DPD PDIP Riau. Selain itu Lukman juga 'melamar' ke Partai NasDem pada hari Sabtu (10/6/2017) kemarin.

"PKB tetap membuka opsi untuk berkoalisi dengan Partai Demokrasi Idonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk mengusung calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur di Pilgub Riau 2018 mendatang, apalagi PDIP mempunyai jumlah kursi sekitar 9, Nasdem sendiri ada 3 kursi dan PKB 6 kursi, jika ditotal maka sudah 18 kursi," ujarnya.

Artinya kata dia, jika PKB berkoalisi dengan PDIP dan Nasdem, maka sudah memenuhi ketentuan yang berlaku.

Ditanya apakah sudah ada pembicaraan kearah koalisi tersebut, Daniel Johan mengakui masih dalam proses. "Masih proses, intinya begini, kami sangat-sangat terbuka, yang terpenting adalah, partai yang diajak berkoalisi memiliki kesamaan visi dengan PKB," paparnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Sekjen DPP PKB, Abdul Kadir Karding. Menurutnya, PKB sudah fix untuk mengusung Wakil Ketua Komisi II DPR RI tersebut.

"Iya sudah fix. Kita mengusung kader sendiri untuk pemilihan Gubernur Riau 2018," katanya.

Abdul Kadir berpendapat, sosok Lukman Edy bukanlah orang baru di Riau. Bahkan kata dia, mantan Menteri PDT di era SBY tersebut juga pernah mencalonkan diri sebagai Gubernur Riau pada 2013 silam. "Sayangnya saat itu beliau gagal. Dan mudah-mudahan mohon doa restu kawan-kawan serta masyarakat Riau, kali ini berjalan mulus," tutupnya. (ar3,in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved