Kamis, 25 April 2024  
Politik / 5 TPS Bermasalah Gelar Pencoblosan Ulang Pilgubri 2018
5 TPS Bermasalah Gelar Pencoblosan Ulang Pilgubri 2018

Politik - - Kamis, 28/06/2018 - 14:19:13 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Karena terkendala dan ada masalah, sebanyak 5 Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan melakukan pencoblosan ulang. 1 TPS yang melanjutkan pencoblosan, karena sebelumnya tertunda oleh kendala hujan dan banjir.

Ketua KPU Provinsi Riau, Nurhamin mengungkapkan hal itu, menjelaskan, pencoblosan ulang dan lanjutan itu harus dilakukan, selambat - lambatnya 3 hari setelah Pilkada usai.

"Kemarin ada beberapa TPS yang bermasalah, jadi rencananya terhitung hari ini hingga dua hari kedepan, 5 TPS akan mengulang pencoblosan dan 1 lagi melanjutkan. Karena waktu mengulang selambat - lambatnya 3 hari setelah pencoblosan awal usai," ujarnya.

Adapun permasalahan yang menjadi penyebab mengulangnya kelima TPS tersebut, diantaranya seperti surat suara rusak, adanya pemilih yang mencoblos dua kali, dan masalah - masalah umum lainnya. 2 TPS yang bermasalah berada di Kabupaten Kampar, 1 TPS di Rohil, dan 2 TPS di Siak.

Nurhamin menuturkan, kendala - kendala demikian memang resiko dalam pemilu yang sering terjadi. Namun, hal ini tidak menjadi persoalan yang berarti.

Selain itu, diungkapkannya bahwa jumlah TPS yang bermasalah sudah lebih sedikit di Pilkada tahun ini, dibandingkan dengan tahun - tahun Pilkada sebelumnya, terlihat dari angka jumlah TPS yang bermasalah tersebut. Namun, tentu saja pihaknya bersama pengawas pemilu terkait akan terus mengevaluasi persoalan - persoalan ini untuk menjadikan Pilkada yang lebih baik bagi seluruh masyarakat.

"Permasalahan - permaalahan ini memang resiko selama Pilkada, tetapi ini tidak terlalu memengaruhi, dengan kita lakukan pencoblosan ulang, sesuai ketentuan. Lagipula, kalau dihitung, angka TPS yang bermasalah itu jumlahnya cukup sedikit per kecamatan, kelurahan, lebih baik dari tahun lalu," pungkasnya. (sr5, gr)



Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved