Jum'at, 29 Maret 2024  
Politik / KPU Siak Tetapkan Tiga Pasangan Calon Pilkada 2020
KPU Siak Tetapkan Tiga Pasangan Calon Pilkada 2020

Politik - - Rabu, 23/09/2020 - 21:10:11 WIB

Siak, situsriau.com  -  Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siak telah menetapkan tiga bakal calon bupati dan wakil bupati menjadi calon bupati dan wakil bupati untuk bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah 9 Desember mendatang.

"KPU Siak sudah melakukan rapat pleno tertutup dan menetapkan bakal calon. Semuanya telah kita teliti, baik syarat pencalonan dan kesehatan sudah memenuhi syarat," kata Ketua KPU Siak, Ahmad Rizal, Rabu. 

Dikatakannya, bakal calon yang sudah memenuhi syarat bacabup-bacawabup adalah Alfedri-Husni Merza, Said Arif Fadillah-Sujarwo, dan Sayyed Abubakar Assegaf-Reni Nurita. Syarat yang sudah dipenuhi juga termasuk laporan harta kekayaan ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sementara itu, syarat bagi calon yang mengundurkan diri dari jabatannya yakni dari masing-masing. Kemudian surat keputusan berhenti itu diterima KPU paling lambat 30 hari menjelang pemungutan suara 9 Desember 2020.

Para calon yang mengundurkan diri yakni Sujarwo dari Anggota DPRD Siak. Lalu Husni Merza mengundurkan diri sebagai Direktur Badan Usaha Milik Daerah PT Permodalan Siak.

Selanjutnya tahapan Pilkada akan dilakukan pengambilan nomor urut Kamis (24/09) besok.Nantinya lanjut dia yang hadir dibatasi masing-masing hanya lima orang dari Paslon Pilkada Siak. 

"Yaitu kedua calon, dua anggota tim koalisi dan satu orang liaison officer (pihak penghubung). Ada dari Badan Pengawas Pemilu dua orang, di luar pun ada layar untuk memonitor kegiatan di dalam," ungkapnya.

Teknisnya pencabutan nomor urut awalnya Paslon mengambil undian untuk urutan pencabutan nomor. Bagi yang dapat nomor besar maka akan mengambil nomor urut terlebih dahulu. 

"Setelah itu ada penandatanganan fakta integritas kepatuhan protokol COVID-19 dan deklarasi damai. Itu diundang forum komunikasi pimpinan daerah," ujarnya.(sr5, an)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved