Senin, 28 09 2020  
Ekeubis / Mempermudah Peroleh BBM, Dua SPBU Segera Beroperasi di Meranti
Mempermudah Peroleh BBM, Dua SPBU Segera Beroperasi di Meranti

Ekeubis - - Selasa, 16/08/2016 - 15:10:48 WIB

SELATPANJANG, situsriau. com - Dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) akan segera dioperasikan di Kota Selatpanjang. Pengoperasian itu diyakini akan menjadi solusi mendapatkan harga minyak sesuai ketentuan, termasuk mendapatkan takaran yang akurat.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kadis PerindagkopUKM) Kabupaten Kepulauan Meranti, Syamsuar Ramli SE menyebutkan, lokasi kedua SPBU tersebut yaitu di Jalan Imam Bonjol dan Jalan Alah Air. Harga BBM di dua SPBU tersebut akan dinaikkan sebesar Rp200 dari Harga Eceran Tertinggi (HET) nasional. 

Hal itu dilakukan untuk menambah biaya angkut BBM tersebut dari pelabuhan ke SPBU karena jarak kedua SPBU tersebut dengan pelabuhan cukup jauh.
Syamsuar mengatakan, pihaknya sudah mengajukan dasar penetapan kepada Bupati Kepulauan Meranti untuk menaikkan harga minyak tersebut sehingga saat dijual harga tersebut memiliki dasar yang jelas.

"Jadi, nantinya kami akan naikkan sebesar Rp200 dalam setiap liter minyak sehingga SPBU ini bisa segera dioperasionalkan, sedangkan regulasinya menggunakan surat keputusan bupati," ujar Syamsuar di Selatpanjang, Senin (15/8/16).

Menurut Syamsuar, pihak Pertamina hanya menjamin untuk mengantar BBM sampai ke pelabuhan saja. Sementara dari pelabuhan ke SPBU menjadi tanggungan dari pihak SPBU sendiri. 

Untuk mobilisasi mobil Pertamina sangat tidak memungkinkan karena akses jalan provinsi Tanjung Buton-Kampung Balak, yang merupakan akses menuju dua lokasi SPBU, rusak parah.

"Jika pengusaha harus menjual harga sesuai HET nasional, maka mereka akan rugi dan tidak mendapatkan untung. Jadi, pengusaha terpaksa menaikkan harga untuk mengganti ongkos pengangkutan dari pelabuhan ke SPBU. Makanya sedang kami ajukan ke bupati untuk dibuatkan SK-nya sehingga memiliki dasar yang jelas nantinya," sebutnya.

Terkait kapan kedua SPBU tersebut dibuka, Syamsuar mengaku akan menunggu SK penetapan HET daerah oleh bupati. Jika sudah selesai, kedua SPBU tersebut akan segera dibuka.

"Mudah-mudahan bisa cepat selesai dan SPBU ini bisa dibuka sehingga bisa langsung melayani penjualan minyak kepada masyarakat di Kota Selatpanjang dan sekitarnya," terangnya.

Harga BBM secara nasional saat ini yaitu, premium Rp6.450 per liter dan solar Rp5.150 per liter. Jika di kedua SPBU di Kota Selatpanjang menaikkan minyak sebesar Rp200, maka nantinya harga Premium akan dijual dengan harga Rp6.650 dan solar sebesar Rp5.350. (sr5, hr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved