Jum'at, 29 Maret 2024  
Ekeubis / Jelang Idul Adha, Harga Cabe Merah Mulai Naik
Jelang Idul Adha, Harga Cabe Merah Mulai Naik

Ekeubis - - Selasa, 15/08/2017 - 09:40:09 WIB

PEKANBARU, situsriau. com - Menjelang hari raya qurban beberapa Minggu mendatang, harga cabe merah di pasar tradisional Kota Pekanbaru mulai alami kenaikan.

Seperti di Pasar Suaramai, harga cabae merah dijual Rp 26-28 ribu perkilogram.

"Memang sudah naik dari sebelumnya. Kini perkilonya Rp 28 ribu. Sebelumnya berkisar antara Rp 20-23 ribu. Kalau sebelum-sebelumnya sempat di angka Rp 15 ribu perkilonya," sebut Rampat, salah seorang pedagang cabe di pasar ini.

Dia menyebut, memasuki lebaran haji atau qurban sudah menjadi hal biasa bila harga cabe merah naik. Mengingat permintaan dan kebutuhan masyarakat terhadap cabe merah naik drastis.

Hampir setiap rumah tangga sebut Rampat, menambah konsumsi cabe merah untuk membuat rendang daging. Kemudian juga untuk keperluan lainnya seperti pesta pernikahan dan helat khatam Al-Qur'an.

"Biasanya saat lebaran haji itu banyak pesta. Kemudian juga banyak kegiatan seperti khatam Qur'an. Tentu ini akan menambah konsumsi cabe merah, disamping peningkatan untuk konsumsi rumah tangga," sebutnya.

Salah seorang pembeli cabe, Juli mengakui bila setiap lebaran haji atau qurban dirinya menambah konsumsi cabe merah.

"Memang benar. Kalau lebaran haji kita mau masak rendang, dendeng, sup dan lainnya yang berkaitan dengan pengolahan masakan daging. Sehingga biasanya kita cuma beli 1 kg untuk sepekan, kini harus beli 2 kg lagi," sebutnya.

Menurutnya, meski harga cabe naik atau mahal, daya beli masyarakat terhadap cabae khusus untuk lebaran haji atau Qurban, tetap harus dibeli.

"Mau tak mau harus dibeli dan ditambah jumlahnya. Kalau ngak mau masak daging pakai apa, ndak berasa kalau tak pedas," tuturnya.(sr5, bp)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved