Minggu, 24 Juni 2018  
Ekeubis / Ini Alasan Riau Sangat Bergantung Kebutuhan Pangan ke Propinsi Tetangga
Ini Alasan Riau Sangat Bergantung Kebutuhan Pangan ke Propinsi Tetangga

Ekeubis - - Selasa, 06/03/2018 - 10:28:45 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau Darmansyah bahwa 100 persen kebutuhan sayur dataran tinggi di Provinsi Riau dipasok dari provinsi tetangga, Sumatra Barat dan Sumatra Utara.

Sayuran yang hidup di dataran tinggi diantaranya kol, sawi, wortel, kentang, buncis, kacang panjang, tomat dan lainnya, semua dipasok dari luar Riau. Karena sayuran tersebut tak bisa tumbuh di Riau.

"Kalau yang 100 persen dipasok dari luar itu khusus sayuran dataran tinggi. Kita ketergantungan dengan luar, dua daerah pemasok sayur kita Sumbar dan Sumut, "ujar Darmansyah.

Jika dilihat data tahun 2017 kebutuhan sayur Riau itu mencapai 324.240 ton, sedangkan pasukan dari luar mencapai 317.718 ton, sedangkan sayuran yang bisa dihasilkan Riau hanya 217.739 ton.

"Kalau ditotal semuanya pasokan ke Riau tahun lalu 516.756 ton, kenapa ketersediaan lebih besar dari kebutuhan, artinya masyarakat Riau tidak kekurangan sayur, meskipun harus pasok dari luar,"ujar Darmansyah.

Untuk sayuran yang bisa dihasilkan Riau sendiri hanya untuk jenis sayuran tertentu dan terbatas, artinya sayuran yang bisa hidup di cuaca panas, misalnya bayam, kangkung, kacang panjang, dan sayuran yang bisa hidup dimana saja.

"Untuk cabe sendiri sekarang ini kita pasok dari luar itu sekitar 85 persen, sedangkan selebihnya sudah bisa dipasok dari dalam Riau, "ujarnya.

Diakui Darmansyah penyebab masih bergantungnya kebutuhan pangan kepada Provinsi tetangga karena masih tingginya alih fungsi lahan dan semakin sempitnya lahan masyarakat untuk bercocok tanam.

"Sawah dan ladang semua dijadikan kebun kelapa sawit, karena kerjanya lebih mudah dan hasilnya lebih besar. Sehingga masyarakat tertarik untuk alih fungsi lahan itu, "ujarnya.(sr5, tp)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved