Selasa, 29 09 2020  
Ekeubis / Harga Cabai di Pekanbaru Naik karena Produksi Turun
Harga Cabai di Pekanbaru Naik karena Produksi Turun

Ekeubis - - Selasa, 07/01/2020 - 13:58:17 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Harga Cabai di Kota Pekanbaru melonjak naik. Kenaikan beragam. Ada yang Rp3000, bahkan kenaikannya ada yang sampai Rp11 ribu perkilo. Kenaikan harga cabai lantaran produksi menurun.

Seperti harga cabai rawit, minggu lalu hanya berkisar Rp43 ribu perkilo. Kini sudah naik ke angka Rp54 ribu perkilo.

Harga cabai merah asal Medan, naik Rp10 ribu perkilo dibanding minggu lalu. Jika minggu lalu hanya Rp35 ribu perkilo, hari ini mencapai Rp45 ribu perkilo.

Sedangkan Cabai merah Bukittinggi juga naik sekitar Rp5.000 perkilo. Saat ini harga cabai merah asal Bukitinggi juga menyentuh harga Rp50.000 perkilo.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Selasa (7/1) mengatakan kenaikan harga cabai pada awal tahun ini lantaran produksi menurun di daerah penghasil. Sedangkan permintaan masih tinggi.

"Permintaan masih tinggi pada awal tahun, sedangkan produksi cabai di daerah penghasil menurun. Makanya harga naik," ujarnya.

Ingot menyebut, distributor menaikkan harga ketika harga di sentra produksi juga naik. "Kondisi ini diprediksi masih terjadi saat produksi di daerah penghasil belum stabil," tukasnya.

Untuk harga kebutuhan lain, yang mengalami kenaikan adalah bawang merah. Harga bawang merah saat ini Rp35 ribu perkilo. Padahal minggu lalu hanya Rp31 ribu. Ada kenaikan berkisar Rp4.000 perkilo dibanding minggu lalu.

Selanjutnya harga daging sapi dan daging ayam masih stabil. (sr5, pg)




Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved