Selasa, 12/11/2019  
Ekeubis / Riau Larang Maskapai Jual Tiket Tujuan Singapura dan Malaysia
Riau Larang Maskapai Jual Tiket Tujuan Singapura dan Malaysia

Ekeubis - - Rabu, 18/03/2020 - 12:09:04 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Pemerintah Provinsi Riau menutup akses dari Pekanbaru tujuan Singapura serta Malaysia ataupun sebaliknya. Langkah ini sebagai antisipasi penyebaran virus corona covid-19 di Bumi Lancang Kuning.

Kepala Dinas Perhubungan Riau M Taufiq OH sudah menyampaikan hal ini kepada PT Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru. Bandara diminta tak menjual lagi tiket tujuan Malaysia dan Singapura.

Larangan ini juga berlaku kepada maskapai yang menyediakan layanan terbang pesawat charter.

"Ini instruksi Gubernur Riau (Syamsuar) agar menutup dari Malaysia dan Singapura. Sudah disampaikan ke pihak bandara," kata Taufiq.

Saat ini, terang Taufiq, pemerintah Malaysia sudah menutup akses keluar sebagai antisipasi virus corona. Kebijakan ini otomatis membuat warga dari Malaysia tidak bisa ke mana-mana lagi.

Hanya saja, untuk penerbangan dari Pekanbaru atau daerah lainnya masih bisa. Untuk memastikan tidak ada lagi penerbangan dari Pekanbaru ke dua negara itu, maskapai dilarang jual tiket.

"Dengan demikian tidak ada lagi penerbangan dari Pekanbaru ke Malaysia dan Singapura," tegas Taufiq.

Taufiq menyebut instruksi ini baru sebatas lisan. Untuk tertulis, Gubernur Riau tengah membuat surat keputusan dan akan disampaikan secepat mungkin ke PT Angkasa Pura II.

Menanti Pemberitahuan Resmi

Terpisah, Executive General Manager PT Angkasa Pura II Yogi Prasetyo menyatakan masih menunggu informasi resmi dari Pemerintah Riau. Dia menyatakan akan mengikuti dan mendukung apa yang ditetapkan pemerintah.

"Kami selaku operator bandara mengikuti apa yang ditetapkan pemerintah," kata Yogi.

Yogi menjelaskan, saat ini bandara bekerjasama sama dengan kantor kesehatan pelabuhan fokus mengantisipasi penyebaran virus corona.

Beberapa langkah sudah dijalankan, di antaranya memeriksa penumpang kedatangan internasional menggunakan thermal scanner.

Selain itu, otoritas bandara juga menyemprot area bandara dengan disinfectan spray setelah jam operasional. Berikutnya memeriksa suhu calon penumpang di area pemeriksaan tiket.

"Menyediakan hand sanitizers di bandara dan melengkapi petugas bandara dengan masker serta sarung tangan," kata Yogi.

Presiden Joko Widodo mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak perlu takut secara berlebihan dengan virus corona. Karena berdasarkan data, mereka yang terdampak memiliki tingkat kesembuhan yang sangat tinggi. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved