Sabtu, 21 Oktober 2017  
Sport / Bila Mau Jadi Tuan Rumah Asian Games, Riau harus Lunasi Hutang Stadion Utama Rp280 M
Bila Mau Jadi Tuan Rumah Asian Games, Riau harus Lunasi Hutang Stadion Utama Rp280 M

Sport - - Rabu, 05/04/2017 - 15:07:50 WIB

PEKANBARU,situsriau.com - Provinsi Riau masih berpeluang menjadi tuan rumah Asian Games 2018, selain Jakarta dan Palembang. Syaratnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau harus melunasi hutang pembangunan Stadion Utama Riau yang nilainya Rp280 miliar.

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi, di Pekanbaru, Selasa (4/4/17). Katanya, keinginan Riau menjadi tuan rumah itu sudah disampaikan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrowi, di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Ketika bertemu Menpora, Gubernur di Pusdiklat PIM. Menurut Menpora, ada arahan dari Presiden Jokowi untuk melihat Riau. Tapi masalahnya pada waktu itu masih ada masalah hutang piutang yang belum clear," ujar Ahmad Hijazi.

Menurut Menpora, kata Hijazi, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengharuskan Pemprov Riau terlebih dahulu melunasi hutang Stadion Utama agar nantinya tidak tersangkut masalah hukum. "Jika persoalan hutang stadion utama selesai, Menpora dan panita Asian Games akan meninjau kesiapan Stadion Utama," katanya.

Hijazi menjelaskan Pemprov Riau sudah berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kejaksaan, dan Menteri Badan Usaha Negara untuk pelunasan hutang tersebut. Rapat koordinasi itu dilangsungkan di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam rapat itu, kata Hijazi, ada arahan agar Pemprov Riau pelunasan hutang itu dilakukan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau 2017. "Tapi kita ingin semua permasalahan clear dan clean. Jadi paling ideal melalui APBD Perubahan. Tentunya kita konsultasikan dulu dengan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, red) apakah mereka setuju atau tidak," terang Hijazi.

Anggaran pelunasan hutang itu akan disiapkan melalui rasionalisasi anggaran yang melibatkan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, red) Riau. "Kalau tidak salah totalnya Rp280 miliar, mulai dari infrastruktur Rp140 miliar dan fisik stadion juga Rp140 miliar," katanya.

Jika hutang itu dilunasi, maka Kemenpora akan mengirim tim verifikasi ke Riau untuk menilai kepatutan Riau sebagai tuan rumah Asian Games 2018. "Jadi kesempatan kita masih terbuka, makanya kita semangat membayar hutang stadion utama," katanya. (sr5, in)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved