Selasa, 14 Juli 2020  
Angka Putus Sekolah di Riau Tertinggi ke 3 Nasional, DPRD Sebut karena Kurangnya Ruang Kelas

Advertorial DPRD Prov Riau - - Sabtu, 27/06/2020 - 09:48:43 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau dr. Hj. Arnita Sari menyatakan keprihatinannya terhadap angka putus sekolah di Provinsi Riau yang masih tinggi.

Secara nasional persentase angka putus sekolah, Riau menempati posisi ke tiga atau 44,37 persen, urutan pertama dan kedua yakni Banten 49,53 persen dan Jambi 46,36 persen.

“Ini harus menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau khususnya Dinas Pendidikan. Sesuai perintah Undang-Undang No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah,” kata Arnita Sari, Jumat (26/6/20).

Politisi PKS tersebut menilai, salah satu penyebab tingginya angka putus sekolah adalah terbatasnya jumlah sekolah negeri dan kurangnya ruang kelas belajar. Menurutnya, tidak semua orang tua mampu menyekolahkan anaknya di sekolah swasta.

“Pemerintah mestinya menambah ruangan kelas baru dan membangun sekolah baru di kecamatan yang padat penduduk usia sekolah. Agar tiap tahun tidak menjadi persoalan yang berulang, yaitu masalah penerimaan siswa baru yang tidak tertampung di sekolah negeri. Karena tidak semua masyarakat mampu menyekolahkan anaknya di sekolah swasta. Sehingga hal ini diharapkan bisa menjadi solusi terhadap tingginya angka putus sekolah,” paparnya lebih lanjut, dikutip dari cakaplah.

Berdasarkan data Neraca Pendidikan Provinsi Riau 2019, Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) masih rendah. Data menunjukkan bahwa APK/APM SMA Provinsi Riau Tahun 2018/2019 APK (82,54) APM (63,81). Sedangkan secara Nasional pada tahun 2020 APK Nasional adalah 97% (dikutip dari Permendikbud nomor 80 tahun 2013 pasal 2 ayat 2). Artinya, APK/APM Prov Riau masih Rendah dibawah Nasional.

Sedangkan berdasarkan tujuan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas berdaya saing adalah meningkatkan APK APM. Serta menurunkan angka putus sekolah dan menigkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bidang Pendidikan.

Lulusan Fakultas Kedokteran Umum Universitas Kedokteran Islam Sumatera Utara itu menjelaskan bahwa dalam mewujudkan SDM Riau yang berdaya saing dapat dilakukan melalui Pemerataan Akses Pendidikan, peningkatan Mutu Pendidikan dan Relevansi Pendidikan.

“Sehingga, pemerintah harus memberi jaminan kesempatan belajar yang luas bagi anak usia sekolah dan masyarakat kurang mampu jenjang SMA/SMK/PKPLK, dengan menyediakan ruang kelas dan sekolah yang cukup. Apalagi Gubernur Riau dalam kampanyenya dahulu mengatakan, bahwa pendidikan akan menjadi prioritas utama dalam program kerjanya,” tutup legislator yang sempat mengenyam pendidikan di Stamford Collage, ELPC (English language Proficiency Course), Kuala Lumpur, Malaysia tersebut.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Zul Ikram memaparkan sebuah fakta, bahwa angka putus sekolah tertinggi nomor 3 nasional di tempati oleh Provinsi Riau. Hal ini terjadi dikarenakan masih rendahnya Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) dibeberapa kabupaten/kota. Selain itu, APK/APM Provinsi Riau masih dibawah APK/APM Nasional, terutama tingkat SMA/SMK. (sr5, ck)



Dewan Sarankan Anggaran Kunjungan Luar Negeri Digeser untuk Antisipasi Covid-19
Gubri Diminta Tak Gantung Nasib 100 Orang Honorer K2
DPRD Minta Pusat Jangan Tahan Hak Riau Berupa DBH Rp1,7 Triliun
Dewan Saran Pemprov Bikin Aturan Kendaraan Non BM Bisa Bayar Pajak di Riau
Defisit Beras Selama PSBB, Dewan Usulkan Sagu Jadi Alternatif di Riau
Soal Molotov Kantor Satpol PP, Dewan: Tidak Puas Jangan Luapkan dengan Cara Kriminal
Puluhan Siswa SMA Negeri 2 Singingi Hilir Kunjungi Gedung DPRD Riau
Pemprov Riau Sediakan Rp25 Milliar untuk Subsidi Biaya Transportasi CJH ke Batam
Dewan Minta Awasi Stok dan Harga Daging di Riau Jelang Ramadan
Dewan Setuju Dinas PU Riau Digabungkan Kembali, ASN Dituntut Profesional
Dewan Miris Insiden Pagar Sekolah Roboh Terulang Lagi
SK Pimpinan DPRD Riau Definitif Masih di Kemendagri
Gubernur Riau Diminta Ganti Kepala Dinas Tak Capai Target PAD
Dewan Minta Oknum Penimbun Masker di Riau Ditindak Tegas
Horee, Mulai Minggu Depan Jembatan Siak IV Sudah Bisa Dilewati
Keselamatan Lebih Penting, Dewan Kawal Hasil Rekom Uji Beban Siak IV
Sidang Paripurna DPRD Riau Hari Ini Sukses dan Lancar
Ini Respon Dewan Soal 58 Ribu Hektare Lahan Ilegal di Riau
Kedatangan Presiden ke Riau Bawa Dampak Positif bagi Pembangunan
Pansus Ranperda SOTK Riau Tetapkan 38 SKPD
Setahun 500 Kali, Anggaran Perjalanan Dinas Anggota Dewan Bakal Dirasionalisasi
Gubri Diminat Evaluasi Pejabat Malas Jelang Akhir Tahun
Hari Ini, Kordias Pasaribu Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Riau
Kadiskes Riau Diminta Hati-hati Keluarkan Pernyataan Soal Vaksin Palsu
Wow! Berkat PP No 18/2017 Gaji Anggota Dewan Bakal Naik 8 Kali Lipat
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved