Kamis, 06 08 2020  
Advertorial DPRD Kuansing / Komisi III DPRD Kuansing Minta Pemkab Segera Tuntaskan Perubahan Status Lahan Pembangunan Pasar Sent
Komisi III DPRD Kuansing Minta Pemkab Segera Tuntaskan Perubahan Status Lahan Pembangunan Pasar Sent

Advertorial DPRD Kuansing - - Rabu, 05/02/2020 - 19:19:44 WIB

TELUK KUANTAN, situsriau.com- Lokasi rencana pembangunan Pasar Kecamatan Sentajo Raya yang terletak di desa Muaro Sentajo ternyata masuk dalam kawasan Hutan Produksi Konversi (HPK).

Oleh sebab itu, DPRD Kuantan Singingi melalui komisi III meminta Pemerintah Kabupaten Kuansing agar segera menyelesaikan perubahan status lahan tersebut menjadi kawasan Hak Pengguna Lainnya ( HPL).

"Kita minta Pemkab untuk fokus menyelesaikan status kawasan ini," ujar Ketua Komisi III DPRD Kuansing, Romi Alfisyah Putra saat memimpin hearing dengan OPD dan instansi terkait di ruang hearing DPRD Kuansing, Rabu (5/2/2020).

Menurut Romi, harus ada perubahan status kawasan dari kawasan HPK menjadi HPL, baru bisa proses pembelian lahan seluas dua hektar untuk pembangunan pasar ini dilakukan.

Oleh sebab itu, komisi III meminta agar dinas terkait dan UPTD Kehutanan Kabupaten Kuantan Singingi membantu memfasilitasi perubahan status kawasan tersebut ke Kemen LHK.

"Karena anggaran pembebasan lahan sudah dianggarkan tahun ini sebesar Rp2,2 miliar. Makanya kita minta Pemkab dan UPTD Kehutanan memfasilitasinya," harapnya.

Sementara Plt Kadis Perkim Kuansing, Ridwan Amir mengatakan pihaknya akan berusaha fokus mengurus perubahan status kawasan dari Kawasan HPK menjadi HPL.

“Karena soal ganti rugi lahan di kita (Perkim,red). Makanya perubahan status kawasan ini fokus kita," katanya.

Makanya kedepan lanjut Ridwan, pihaknya akan mengajukan usulan perubahan statusnya ke Kemen LHK. Supaya ke depan tidak ada permasalahan dibelakangnya.

"Pihak Kehutanan bersedia memfasilitasi. Karena kalau langsung dibangun tidak bisa, harus diubah dulu statusnya jadi HPL," katanya.

Dijelaskannya, jika status kawasan itu telah disetujui perubahannya. Maka pembangunan bisa dilanjutkan. Karena pasar ini sangat didambakan masyarakat.

“Kita berharap semoga program pembangunan pasar ini bisa berjalan lancar," katanya.

Usai hearing, Komisi III bersama OPD dan instansi terkait langsung bersama-sama meninjau ke lokasi lahan tersebut.(Ultra Sandi)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved