Selasa, 12/11/2019  
Hukrim / Terdakwa Bungkam Ditanya Keterlibatan Mantan Dewan
Sidang Perdana Kasus Dana Hibah RA Riau,
Terdakwa Bungkam Ditanya Keterlibatan Mantan Dewan

Hukrim - - Selasa, 13/09/2016 - 20:25:31 WIB

PEKANBARU, situsriau.com- Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru menggelar sidang perdana dugaan korupsi penyimpangan dana hibah Pemerintah Provinsi Riau untuk Raudhatul Athfal (RA)  di Kabupaten Pelalawan, Selasa (13/9/16).

Dalam sidang yang digelar Selasa (13/9/2016) siang itu, nama mantan anggota DPRD Riau, Riki Hariansyah muncul dan disebut-sebut. Ia diduga berperan dalam pengajuan proposal. Namun sejauh mana keterlibatannya, belum diketahui secara pasti karena terdakwa Setiawati yang merupakan Ketua Ikatan Guru RA Riau masih menutup mulut soal itu.

"Mudah-mudahan dalam persidangan berikutnya yang bersangkutan mau buka-bukaan. Kalau itu terjadi, banyak yang terlibat dalam perkara ini," jelas Jaksa Penuntut Umum (JPU), Julius Antoni usai persidangan digelar.

Di persidangan diketahui kalau empat terdakwa dari RA Ar-Raudah,  dari RA Al-Mukhlisin, dari RA Nurul Ikhlas serta dari RA Al-Alfaizien, yang semuanya berada di Pangkalan Kerinci ini diduga mengajukan proposal dengan angka yang bervariasi.

Pengajuan proposal diduga juga melibatkan saksi berinisial Mc, yang tak lain anggota sebuah LSM. Dia diketahui merupakan rekan terdakwa Setiawati. Oleh dia, angka disamakan hingga menjadi Rp100 juta untuk masing-masing sekolah.

"Kalau tak salah dia (Mc, red) yang bantuin pengajuan, dan terdakwa yang membuat proposal, angkanya macam-macam," jelas Julius. "Yang pasti kedua orang itu akan dipanggil sebagai saksi," ungkapnya.

Dalam dakwaan JPU yang dibacakan di hadapan majelis hakim dinyatakan kalau perbuatan para terdakwa terjadi pada 2013 lalu, saat Pemprov Riau memberikan dana hibah sebesar Rp400 juta kepada empat Raudhatul Athfal (RA). (sr3,in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved