Rabu, 28 Juni 2017  
Hukrim / KPK Dalami Keterangan Gamawan Soal Honor Pembicara Rp50 Juta
KPK Dalami Keterangan Gamawan Soal Honor Pembicara Rp50 Juta

Hukrim - - Sabtu, 18/03/2017 - 10:39:16 WIB

JAKARTA, situsriau.com - Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi memberi keterangan tentang asal uang Rp50 juta yang menurutnya berasal dari honor sebagai pembicara di lima daerah, saat menjadi saksi dalam sidang kasus dugaan korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Gamawan mengaku dibayar Rp5 juta per jam saat menjadi pembicara tersebut.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan, apapun keterangan yang muncul di persidangan kasus e-KTP dengan terdakwa mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Irman dan Sugiharto akan didalami.

"Kami tentu sedang mencermati fakta-fakta persidangan yang ada dalam persidangan kasus e-KTP ini. KPK masih terus mendalami informasi dan fakta yang muncul," ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Jumat (17/3/17).

Febri mengatakan, KPK memiliki informasi tentang dasar hukum yang menjadi standar acuan pemberian honor. "Untuk standarisasi nilai honor atau alasan-alasan lain, tentu KPK memiliki informasi tentang dasar hukum ataupun bukti yang lain," jelasnya.

Sebagai informasi, selain disebut menerima USD 4,5 juta, Gamawan disebut mendapat Rp50 juta terkait proyek e-KTP. Menurut Gamawan, uang Rp50 juta itu merupakan honornya sebagai pembicara saat masih menjabat sebagai Mendagri. Gamawan menjelaskan, honor Rp5 juta per jam tersebut sudah sesuai dengan aturan.

"Karena menurut aturan, satu jam menteri bicara itu Rp5 juta. Kalau saya bicara dua jam, Rp10 juta. Saya menerima komisi, jadi itu honor resmi, saya tanda tangani. Bukan uang dikasih, uang operasional saya, Yang Mulia," ujar Gamawan kepada majelis hakim saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (16/3/17).

Jika mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 36 Tahun 2012, yang merupakan perubahan atas Permenkeu No 84/2011 tentang standar biaya tahun anggaran 2012, honor menteri sebagai pembicara adalah Rp1,5 juta. Dalam aturan tersebut tak dijelaskan apakah Rp1,5 juta tersebut untuk satu jam atau sekali menjadi pembicara.(sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto
Copyright 2012-2016 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved