Selasa, 12 Desember 2017  
Hukrim / Sebelum Dieksekusi, Besok Suparman Datangi Lapas Sukamiskin
Dieksekusi Bersama Johar Firdaus
Sebelum Dieksekusi, Besok Suparman Datangi Lapas Sukamiskin

Hukrim - - Selasa, 05/12/2017 - 20:00:40 WIB

PEKANBARU, situsriau.com- Mulai Rabu besok (6/11/17) Bupati Rokan Hulu Suparman dan mentan Ketua DPRD Riau periode 2009-2014, Johar Firdaus akan menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Tersangkut kasus suap APBD Riau yang dilaporkan mantan Gubernur Riau Annas Maamun, mereka berdua juga akan berada di Lapas yang sama dengan Mantan Bupati Rokan Hilir tersebut. 

Informasi yang diperoleh, Suparman dan Johar Firdaus akan dieksekusi oleh Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK). Namun sebelum di eksekusi, ternyata Suparman sudah berada di Bandung dan siap mendatangi Sukamiskin.

"Saya sudah ditelepon oleh jaksa KPK terkait eksekusi tersebut, rencananya besok. Namun dengan kesadaran dan sukarela, Pak Suparman akan datang sendiri ke Sukamiskin," ujar Pengacara Suparman Eva Nora, Selasa (5/11/17).

Ia dan Suparman akan datang langsung ke Lapas Sukamiskin, esok hari, untuk bertemu jaksa KPK. "Pak Suparman sebagai warga negara taat hukum akan menjalani hukumannya secara sukarela," kata Eva.

Suparman divonis oleh Majelis Hakim Mahkamah Agung dengan hukuman 6 tahun denda Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan, sedangkan Johar Firdaus, juga divonis sama dengan Suparman, plus dicabut hak politik selama 5 tahun terhitung pidana pokok dilaksanakan.  

Sementara itu, kuasa hukum Johar Firdaus, Suhendro, mengaku belum mendapat pemberitahuan dari KPK tentang eksekusi kliennya. Namun, ia sudah mengetahui informasi tersebut dari Johar.

"Saya belum dapat surat pemberitahuannya, tapi klien saya menyebut dapat info akan dieksekusi. Saya tak tahu pula dari mana dia mendapat informasi itu," tutur Suhendro.

Seharusnya, kata Suhendro, sebelum eksekusi dari pemberitahuan dari jaksa KPK. "Itu sudah diatur dalam KUHAP," katanya. (sr3,in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved