Sabtu, 23 Juni 2018  
Hukrim / Rentan Jadi Target Kejahatan, Kominfo Imbau Warga Tidak Posting Status Mudik di Medsos
Rentan Jadi Target Kejahatan, Kominfo Imbau Warga Tidak Posting Status Mudik di Medsos

Hukrim - - Selasa, 12/06/2018 - 20:43:09 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Banyak cara yang bisa dilakukan pelaku kriminal dalam menjalankan aksi berbuat kejahatan. Termasuk tindak pencurian yang bisa dilakukan siapa saja asal ada kesempatan walau tanpa ada niat.

Begitulah ungkapan yang sering kita dengar dari 'BANG NAPI' yang selalu mengatakan bahwa kejahatan bisa terjadi dimana-mana bukan karena hanya ada niat, tapi juga karena ada kesempatan.

Nah, kesempatan yang dimaksudkan di sini, sejenak mari kita mengulas tentang kejahatan apa yang bisa terjadi disaat kita terlena dengan suasana lebaran dan beritikad mudik untuk meninggalkan rumah serta mengumbar-umbarkannya di Media Sosial (Sosial).

Ya, kesempatan untuk dicuri, dibongkar, dan dihabisi harta-hartanya.

Sebelum jauh hal itu terjadi. Memang di kita mungkin agak sepele untuk melakukan postingan status mudik di akun media sosial seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya, tanpa berpikir dampak apa yang akan terjadi.

Melulu sering kita lupakan, bahwa kesempatan yang seperti inilah tanpa kita sadari sering dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya yang berawal dari informasi yang didapatnya dari akun media sosial seseorang yang memposting status mudik tersebut

Berkenaan dengan itu, Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo) Kota Pekanbaru menjelang lebaran ini mengimbau agar masyarakat tidak melakukan hal-hal yang sedemikian untuk menghindari kekhawatiran yang sedemikian.

"Sekedar mengingatkan bahwa sebaiknya jangan posting info atau status di medsos apabila Bapak Ibu sekeluarga mudik lebaran. Karena saat ini kejahatan selalu mengintai. Dikhawatirkan postingan dan status mudik lebaran akan menarik perhatian pelaku kejahatan untuk membongkar dan menjarah rumah yang Bapak Ibu tinggalkan mudik," begitu bunyi imbauan yang disampaikan Mawardi SAg, Kepala Bidang Pengelolaan dan Layanan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Pekanbaru. (sr5, pg)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved