Jum'at, 16 November 2018  
Iptek / China Bakal Luncurkan Bulan Buatan yang Lebih Terang dari Aslinya
China Bakal Luncurkan Bulan Buatan yang Lebih Terang dari Aslinya

Iptek - - Sabtu, 20/10/2018 - 17:24:15 WIB

CHINA, situsriau.com - China berencana untuk meluncurkan bulan buatan pada tahun 2020 mendatang. Peluncuran dilakukan untuk mengganti lampu jalanan serta menurunkan biaya listrik di daerah perkotaan.

Media China Daily pada Jumat (19/10/18) memuat kabar bahwa Chengdu, sebuah kota di provinsi Sichuan barat daya, sedang mengembangkan "satelit penerangan" yang akan bersinar bersamaan dengan bulan asli, tetapi delapan kali lebih terang.

Kepala organisasi yang bertanggung jawab untuk proyek tersebut Tian Fu New Area Science Society, yakni Wu Chunfeng mengatakan bahwa bulan buatan manusia pertama akan diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Sichuan, dengan tiga bulan buatan lainnya yang akan menyusul pada tahun 2022 jika tes pertama berjalan dengan baik,

Meskipun peluncuran pertama akan eksperimental, namun bulan buatan itu diprediksi akan menjadi inovasi terbaru.

Dengan memantulkan cahaya dari matahari, satelit dapat menggantikan lampu jalan di daerah perkotaan, menghemat sekitar 1,2 miliar yuan per tahun dalam biaya listrik untuk Chengdu, jika bulan buatan manusia menerangi area seluas 50 kilometer persegi.

Bukan hanya itu, sumber cahaya luar angkasa juga bisa membantu upaya penyelamatan di zona bencana selama pemadaman listrik.

Namun belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai rencana ini. Media AFP yang memuat ulang berita tersebut juga tidak mendapatkan komentar lebih lanjut dari pihak-pihak terkait.(sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved