Kamis, 28 Maret 2024  
Iptek / Fenomena Bulan Purnama Merah Bakal Terlihat pada 20-21 Januari 2019
Fenomena Bulan Purnama Merah Bakal Terlihat pada 20-21 Januari 2019

Iptek - - Senin, 07/01/2019 - 14:38:37 WIB

JAKARTA, situsriau.com - Pada malam 20-21 Januari 2019, bulan purnama akan bertepatan dengan gerhana bulan total. Ini menyebabkan bulan mengalami cahaya merah yang kemudian dikenal sebagai Blood Moon.

Dilansir dari laman Daily Mail, pada saat yang sama, bulan akan berada dalam titik terdekat dengan Bumi dalam orbitnya. Menariknya, ini akan membuat kombinasi yang mencolok antara supermoon dan Blood Moon.

Menurut EarthSky, gerhana bulan umbral akan berlangsung lebih dari tiga setengah jam dengan totalitas terhitung sekitar satu jam saat ini. Saat ini adalah ketika bulan duduk di bayang-bayang bumi dan mengambil rona kemerahan akibat cahaya yang tersebar di atmosfer bumi.

Peristiwa ini akan terlihat di beberapa bagian wilayah dunia diantaranya Eropa, Afrika, Australia, dan Asia Timur. Untuk informasi, gerhana bulan total berikutnya terjadi hingga 26 Mei 2021.

Gerhana bulan adalah peristiwa khusus yang terjadi ketika Bumi berbaris langsung antara matahari dan bulan. Bulan akan melewati bagian utara bayangan Bumi, untuk menghadirkan gerhana total selama 62 menit.

Kemudian, jika bulan hanya akan melakukan perjalanan lebih dalam ke bayangan Bumi, itu akan menghasilkan gerhana bulan total yang bahkan lebih lama. Akan ada juga gerhana penumbral sebelum dan sesudah gerhana umbral, ketika bulan akan duduk di dalam bayangan luar yang samar. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved