Kamis, 25 April 2024  
Iptek / Pasar Smartwatch Merangkak Naik, Peminatnya Orang Dewasa
Pasar Smartwatch Merangkak Naik, Peminatnya Orang Dewasa

Iptek - - Jumat, 15/02/2019 - 12:11:09 WIB

JAKARTA, situsriau.com - Dibandingkan dengan pasar smartphone yang banyak dilaporkan menurun, lain halnya dengan industri smartwatch atau jam tangan pintar yang dinilai cukup bertumbuh positif.

Meski penetrasi produk masih tergolong rendah, namun menurut laporan terbaru dari perusahaan riset pasar NPD Group, mencatat bahwa 16% orang dewasa AS memiliki jam tangan pintar pada November 2018. Angka itu naik empat poin presentasi dari bulan yang sama tahun 2017, di mana hanya 12 persen orang yang memiliki jam tangan pintar.

Selain itu, pasar jam tangan pintar sekarang menjadi industri dengan nilai USD 5 miliar, naik 51 persen dibanding tahun 2017. Penjualan per-unit juga terus naik dengan peningkatan 61 % year-over-year, seperti dilansir sindonews.com, Kamis (14/2/19)

Adapun tiga nama pemain besar yakni Apple Watch, Samsung Galaxy Watch dan Fitbit Versa mendominasi pasar 88 persen jam tangan pintar yang ada di AS. Orang yang berada pada usia 18-34 tahun adalah kelompok demografis yang paling banyak menduduki sebagian besar pertumbuhan perangkat tersebut di AS yakni 23 persen.

Inovasi yang berorientasi pada kesehatan, seperti penggabungan Apple dengan monitor EKG dalam seri empat Apple Watch, diharapkan akan meyakinkan lebih banyak orang dewasa berusia 35 tahun ke atas untuk mulai mengadopsi teknologi jam tangan pintar.

Semakin banyak aplikasi yang bermanfaat yang ada pada jam tangan pintar, akan berbanding lurus dengan semakin kuat pertumbuhannya seiring meningkatnya penetrasi.

"Selama 18 bulan terakhir penjualan smartwatch memperoleh momentum yang kuat, hal ini membuktikan kepada para penentang yang tidak berpikir kategori tersebut dapat mencapai penerimaan cukup baik," ungkap Weston Henderek, Direktur Analis iIndustri NPD Connected Intelligence.(sr5, in)



Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved