Selasa, 12/11/2019  
Iptek / Teknologi AI Selesaikan Tantangan Rubik dalam Waktu 1,2 Detik
Teknologi AI Selesaikan Tantangan Rubik dalam Waktu 1,2 Detik

Iptek - - Sabtu, 20/07/2019 - 13:08:25 WIB

JAKARTA, situsriau.com - Teknologi dan ilmu pengetahuan semakin berkembang. Teknologi bahkan membawa kemajuan di bidang kedokteran, makanan, energi, transportasi, dan banyak hal.

Salah satu teknologi yang kini semakin tersohor ialah artificial intelligence (AI) atau teknologi kecerdasan buatan. AI bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan tantangan rubik dengan waktu yang cepat.

Meskipun terdengar sepele, namun ini cukup menarik mengingat rubik adalah permainan yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian bila dimainkan oleh manusia.

Seperti dilansir dari laman Tech Spot, Kamis (18/7/2019) ada peneliti yang berhasil merancang robot AI yang dapat memecahkan rubik lebih cepat dari manusia, bahkan dengan waktu 1,2 detik saja.

Hal tersebut diketahui dalam makalah penelitian baru yang menggambarkan "DeepCubeA", yang merupakan sistem penguatan pembelajaran kecerdasan buatan (AI) untuk menyelesaikan rubik.

Para peneliti di balik DeepCubeA, melalui banyak latihan dan pelatihan, berhasil mengajarkan AI mereka untuk memecahkan Cube hanya dalam waktu 1,2 detik.

Menariknya, DeepCubeA selesai hanya dalam 28 langkah setelah diberi sekitar 10 miliar kombinasi puzzle yang berbeda.

Di situlah perbedaan utama terletak antara mesin Katz dan DeepCubeA, yang pertama melakukan gerakan sebanyak yang dibutuhkan, tetapi ia melakukannya dengan cepat.

Ini menggunakan pembelajaran nyata dan pengalaman untuk meningkatkan kecepatannya, yang mengurangi waktu penyelesaian teka-teki dan jumlah gerakan yang diperlukan untuk penyelesaian.(sr5, oz)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved