Jum'at, 16 November 2018  
Kesehatan / 33 Kasus DBD Ditemukan di Kecamatan Bangko Rohil
33 Kasus DBD Ditemukan di Kecamatan Bangko Rohil

Kesehatan - - Jumat, 04/11/2016 - 15:34:36 WIB

BAGANSIAPIAPI, situsriau.com - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bagansiapiapi mencatat 33 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) ditemukan di beberapa kelurahan dan kepenghuluan di Kecamatan Bangko. Jumlah itu terhitung awal Januari hingga Akhir Oktober 2016 lalu.

"Dari jumlah tersebut satu di antaranya meninggal dunia, setelah sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pratomo, Bagansiapiapi," ujar Kepala Puskesmas Bagansiapiapi, dr Erwinto, melalui Bagian Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Demam Berdarah Dengue (P2DBD), Jamaluddin, diruang kerjanya, Kamis (3/11/16). 

Menurut Jamaluddin, agar kasus DBD tidak merambat ke warga lain, pihaknya saat ini tengah melakukan pengasapan (fogging, red) dengan jarak 100 meter persegi dari kediaman si penderita DBD, serta melakukan penaburan bubuk abate di sumur dan di tempat penampungan air warga.

Dia menambahkan, dari 33 kasus DBD itu satu di antaranya meninggal dunia atas nama Mugi (5) di Jalan usaha II, kelurahan Bagan Barat. Sementara 32 lainnya sudah sembuh setelah mendapat perawatan di RSUD Dr Pratomo dan Rumah Sakit (RS) Fatima.

"Sejauh ini penderita DBD paling banyak terdapat di Kelurahan Bagan Barat, sementara untuk kelurahan Bagan kota masih nihil DBD," katanya.

Dilanjutkan Jamaluddin, banyaknya kasus DBD yang terdapat di Kecamatan bangko dikarenakan pergantian musim dari panas ke musim penghujan. Apalagi, di Bagansiapiapi ini lahannya rawa, jika turun hujan maka air akan tergenang dipemukiman warga, sehingga membuat nyamuk cepat berkembang biak. (sr5, hr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved