Minggu, 01 November 2020  
Kesehatan / Wajib Tahu: 10 Makanan yang Paling Sulit Dicerna
Wajib Tahu: 10 Makanan yang Paling Sulit Dicerna

Kesehatan - - Senin, 17/04/2017 - 05:12:51 WIB

Situsriau. com - Tidak semua jenis makanan baik untuk tubuh. Namun, ada juga yang enak di lidah, namun tak enak di pencernaan.

Lantas apa saja makanan yang paling sulit dicerna itu? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Fit Sugar berikut ini.

Es krim
Makanan kombinasi produk susu dan berlemak tinggi ini sering dianggap sebagai penyebab kembung dan gangguan pencernaan, terutama bagi penderita intoleransi laktosa yang tubuhnya tidak mampu mencerna senyawa pada produk susu.

Kacang merah
Meski kaya serat dan protein, ada senyawa gula tertentu di dalam kacang merah dan keluarga kacang-kacangan lain yang sulit dicerna oleh usus besar. Akibatnya, makan keluarga kacang-kacangan ini bikin Anda mudah kentut.

Makanan pedas
Suka makanan pedas? Sebaiknya hentikan jika mengalami masalah pencernaan seperti mulas atau sembelit. Sebab itu adalah cara tubuh untuk memberi tahu bahwa makanan pedas sulit dicerna.

Minuman asam
Memang benar jika minuman asam membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin C. Akan tetapi asam terlalu tinggi mengganggu fungsi kerongkongan dan membuat tubuh sulit mencernanya.

Makanan yang digoreng kering
Sangat berlemak tinggi dan berminyak, tidak salah jika makanan yang digoreng kering termasuk yang paling sulit dicerna tubuh. Hindari kebiasaan makan makanan ini jika masih menyayangi sistem pencernaan.

Kentang tumbuk
Kebanyakan resep masakan kentang tumbuk dicampur dengan susu dan krim, sehingga penderita intoleransi laktosa lagi-lagi harus menghindarinya jika tidak ingin bermasalah dengan pencernaan.

Cokelat
Cokelat memang lezat dan menyehatkan, tetapi makan berlebihan justru mengganggu pencernaan. Sebab kandungan kafein dan lemak di dalamnya cukup sulit dicerna oleh tubuh.

Bawang bombai mentah
Jika dimakan mentah, bawang bombai bisa bikin Anda sering kentut. Jadi sebaiknya masak dulu sebelum menikmati makanan yang sebenarnya penuh gizi ini.

Sayuran berdaun hijau
Bernutrisi tinggi, kaya serat, dan penuh vitamin, itulah sayuran berdaun hijau. Tetapi makan terlalu banyak malah membuat tubuh sulit mencernanya dan perut menjadi kembung.

Permen karet bebas gula
Senyawa bernama sorbitol dalam produk permen karet bebas gula adalah penyebab kenapa Anda sering kentut. Mengunyah permen karet itu sendiri juga membuat perut jadi kembung karena banyak udara yang masuk ke dalam tubuh.

Itulah beberapa jenis makanan yang paling sulit dicerna oleh tubuh. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved