Jum'at, 16 November 2018  
Kesehatan / Warning Buat yang Derita Diabetes, Jangan Asal Makan di Bulan Puasa!
Warning Buat yang Derita Diabetes, Jangan Asal Makan di Bulan Puasa!

Kesehatan - - Kamis, 08/06/2017 - 11:16:42 WIB

Situsriau.com-Pakar kesehatan mengatakan bahwa di bulan Ramadan penting untuk menjaga tingkatan energi dan menghindari makanan tidak sehat. Terutama akibat terjadinya perubahan pola makan yang hanya dua kali saja sehari, yakni sahur dan berbuka.

“Mengonsumsi makanan yang Indeks Glikemik (IG) rendah memang ide yang bagus. Namun makanan yang diasup pada sahur dan berbuka tetap harus seimbang seperti sayuran, sereal, daging, susu, dan buah-buahan,” ujar Rahma Ali, ahli gizi klinis di Rumah Sakit Burjeel, Abu Dhabi.

Selama bulan puasa, tubuh harus menerima asupan kalsium yang memadai untuk menjaga organ vital di dalam tubuh terutama tulang. Untuk menjaga agar jumlah kalsium cukup, ada baiknya mengonsumsi susu dan sayuran hijmau dalam jumlah tinggi agar tulang tetap sehat.

Bagi penderita diabetes, sangat penting untuk merencanakan diet sehat selama bulan puasa untuk menjaga kadar gula darah. “Penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter tentang keamanan puasa dalam keadaan kesehatan individu untuk merencanakan diet sehat selama puasa,” kata Dr Sameem Majid Matto, spesialis penyakit dalam dan endokrinologi di Canadian Specialist Hospital.

Kunci utama berpuasa bagi para penderita diabetes adalah diet seimbang antara protein, mineral, karbohidrat, cairan, dan serat. Dan yang paling penting adalah menjaga tingkat gula darah. Protein sangat penting untuk sel tubuh dan membuat tubuh merasa kenyang sehingga mengurangi godaan untuk mengonsumsi makanan.

Para penderita diabetes bisa mebagi hidangan utama menjadi tiga bagian yaitu seperempat karbohidrat kompleks, seperempat daging tanpa lemak atau alternatif daging, dan setengahnya dengan sayuran untuk makanan seimbang yang sehat.

Meskipun penting untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, penderita diabetes harus minum lebih banyak air dan mengurangi minuman manis. Ada baiknya juga mengonsumsi yang diisi jumlah sayuran seperti brokoli, bayam, kacang polong, kacang hijau, labu dan wortel yang dapat menambahkan vitamin, mineral, serta mengendalikan kadar gula darah.(sr5, in)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved