Kamis, 25 April 2024  
Kesehatan / Stop! Jangan Pinjamkan Barang-barang Ini, Walau ke Anggota Keluarga Sekalipun
Stop! Jangan Pinjamkan Barang-barang Ini, Walau ke Anggota Keluarga Sekalipun

Kesehatan - - Selasa, 08/08/2017 - 13:11:36 WIB

Situsriau.com - Ada beberapa barang yang tidak seharusnya Anda pinjamkan ke orang lain walaupun orang itu adalah anggota keluarga Anda sendiri. Beberapa barang pribadi apabila dipinjamkan ke orang lain dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Dilansir dari Women’s Health, inilah 6 barang pribadi Anda yang tidak disarankan untuk dipinjamkan kepada siapa pun;

1. Handuk

Saat Anda berpergian bersama teman atau keluarga, mungkin saja mereka kelupaan membawa handuk. Hindarilah saran meminjamkan mereka handuk. Sebab, handuk adalah sarang bakteri yang bisa membuat tubuh Anda terinfeksi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, bakteri yang bersarang di handuk bisa menyebarkan infeksi mata merah hingga gonore. Bila Anda meminjamkan handuk ke orang lain, Anda lebih berisiko tinggi terinfeksi penyakit tersebut pasalnya tidak diketahui dengan pasti apakah tubuh orang yang Anda pinjami handuk bebas dari bakteri penyebab infeksi.

2. Sikat gigi

Sebenarnya meminjamkan sikat gigi ke orang lain adalah hal yang menjijikkan. Anda bisa tertular penyakit melalui darah. Sebab bisa saja saat menggosok gigi gusi orag itu berdarah dan meninggalkan bakteri di sikat gigi Anda walaupun sudah dibilas sekali pun.

3. Sabun batang

Sudah menjadi kebiasaan apabila di satu rumah menggunakan sabun batang yang sama. Padahal hal itu bisa membuat Anda terinfeksi bakteri Staphylococcus aerus yang menyebabkan penyakit MRSA. Penyakit ini bisa membuat infeksi kulit seperti jerawat dan bisul. Jadi ada baiknya masing-masing anggota keluarga menggunakan satu batang sabun. Atau jika mau lebih aman menggunakan sabun cair

4. Deodorant

Alat mandi ini sebenarnya bertujuan untuk menghambat bakteri menghasilkan bau di tubuh Anda. Walaupun meminjamkan deodorant ke orang lain tidak membuat infeksi, namun hal ini bisa membuat Anda mentransfer sel kulit dan rambut Anda ke orang lain.

5. Pisau cukur

Pisau cukur sering digunakan untuk menjaga kebersihan wajah. Apabila Anda meminjamkan alat ini ke orang lain, bukan kebersihan wajah yang Anda dapatkan melainkan penyakit hepatitis B, C, dan HIV. Pisau cukur juga bisa menyebarkan jamur tinea corporis atau cacing kurma dan bakteri lainnya.

6. Gunting kuku

Mungkin banyak yang belum tahu bila benda kecil ini bisa menularkan jamur. Meminjamkan gunting kuku ke orang lain mungkin adalah hal yang biasa. Namun kegiatan ini bisa membuat Anda terinfeksi virus yang disebarkan oleh darah apalagi jika tidak sengaja kuku terluka saat dipotong.    (sr5, in)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved