Senin, 11 Desember 2017  
Kesehatan / Gawat! Ternyata 10 Kabupaten/Kota di Riau Endemis Kaki Gajah
Gawat! Ternyata 10 Kabupaten/Kota di Riau Endemis Kaki Gajah

Kesehatan - - Minggu, 22/10/2017 - 13:37:40 WIB

PEKANBARU, situsriau. com - Penyakit kaki gajah (filariasis) ternyata hingga kini masih hantui sepuluh kabupaten/kota di wilayah Provinsi Riau. 

"Dari 12 kabupaten/kota di Riau sepuluh di antaranya belum terbebas kaki gajah atau disebut filariasis, " kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Minggu (22/10/17). 

Mimi menjelaskan kesepuluh yang masih endemis tersebut di antaranya Pelalawan, Kuansing, Kampar, Meranti Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir Rokan Hilir, dan Bengkalis. 

Untuk penanggulangan pihaknya sudah melakukan upaya pengobatan. 

"Daerah endemis filariasis Dumai, Pelalawan dan Kuansing dari tahun 2010 sudah dilakukan minum obat massal Dietyl Carbamazin Cytrat (DEC) dan sudah disurvei pusat telah lolos eliminasi filariasis.

"Baru Dumai menerima sertifikat di Demak tanggal 4 Oktober lalu, " ujarnya. 

Namun sebut dia pihaknya terus berupaya untuk melakukan eliminasi kaki gajah di setiap kabupaten/kota lainnya dengan penyuluhan dan vaksinasi. 

Misalkan, kata dia, untuk Kampar Meranti, Siak Inhu, Inhil, Rohil dan Bengkalis sudah dilakukan gerakan minum obat massal sejak 2012.

"Juga sudah disurvei pre Trasmition Assesment Survei (TAS) oleh pusat tahun 2017 seluruhnya lolos pre TAS dan selanjutnya menunggu pusat melakukan TAS I, II dan III, " tuturnya. 

Mimi menambahkan untuk proses eliminasi kaki gajah pihaknya melakukan pemberian obat DEC secara merata dan diminum seluruh penduduk kecuali ibu hamil dan anak di bawah dua tahun dan orang sedang sakit dalam pengawasan dokter. Tujuannya agar memutus mata rantai penularan. 

"Tetapi kami ada dua daerah tidak endemis yakni Pekanbaru dan Rokan Hulu, ditambah Dumai dalam proses," tegasnya. (sr5, an)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved