Selasa, 12 Desember 2017  
Kesehatan / Alami Penurunan, saat Ini Diskes Pelalawan Tangani 67 Kasus DBD
Alami Penurunan, saat Ini Diskes Pelalawan Tangani 67 Kasus DBD

Kesehatan - - Selasa, 28/11/2017 - 16:09:42 WIB

PELALAWANsitusriau.com - Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam memerangi penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) membuahkan hasil yang baik. Jumlah penderita penyakit DBD terus menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, warga harus tetap mewaspadai penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti.
  
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pelalawan, dr Endidi Romo Pratiknyo di Pangkalankerinci, belum lama ini.

Katanya, penurunan jumlah penderita DBD tersebut merupakan hasil dari berbagai upaya yang dilakukan. Terutama, dengan menggencarkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Dimana selama Bulan Januari- 16 November 2017, tercatat hanya ada 67 kasus warga terserang DBD.
  
"Jumlah kasus penyakit Demam Berdarah Dengue mengalami penurun. Dimana pada periode yang sama di tahun 2016 lalu, ditemukan sebanyak 83 kasus. Sedangkan pada Januari- 16 November 2017, kita menangani sebayak 67 kasus DBD atau mengalami penurunan sebanyak 13 kasus dari tahun 2016. Dan penurunan kasus diakibatkan kian meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), sehingga terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat," ujarnya.
  
Mantan Kepala Puskesmas Langgam ini menambahkan, dari jumlah kasus DBD tersebut, didominasi oleh kecamatan Pangkalan Kerinci sebanyak 52 kasus. Kemudian, Kecamatan Pangkalan Kuras sebanyak 9 kasus, Kecamatan Bandar Sekijang sebanyak 2 kasus, Kecamatan Kuala Kampar sebanyak 3 kasus dan yang terakhir Kecamatan Bandar Petalangan sebanyak 1 kasus.

Pihaknya terus menghimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap penyebaran DBD ini dengan tetap terus menjaga kebersihan lingkungan. Pasalnya,  cuaca telah memasuki musim pancaroba yang menjadi masa subur pengembangbiakan nyamuk aedes aegypti.
  
"Jadi, kita terus menghimbau agar masyarakat dapat terus meningkatkan kebersihan lingkungan  seperti menggiatkan pelaksanakan 3 M Plus (menguras, mengubur dan menutup serta taburkan bubuk abate) untuk Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Dengan demikian, maka kita sangat optimis kedepannya kasus DBD ini tidak akan lagi ditemukan di Negeri Seiya Sekata ini," pungkasnya. (sr5, in)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved