Minggu, 18 November 2018  
Kesehatan / Seribu Tablet Obat Tambah Darah untuk Remaja Putri dari Diskes Riau
Seribu Tablet Obat Tambah Darah untuk Remaja Putri dari Diskes Riau

Kesehatan - - Minggu, 28/01/2018 - 17:49:22 WIB

PEKANBARU, situsriau.com- Serangkaian dengan acara peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) Tahun 2018, Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau membagikan  1.000 obat Tambah Darah (Tablet Fe) kepada remaja putri di Provinsi Riau dan diminum serentak pada Minggu (28/1/2018) pagi.

Kepala Diskes Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, perhatian lebih perlu diberikan kepada remaja putri usia 12-18 tahun untuk diberikan tablet tambah darah dan itu harus dilakukan secara rutin. "Hal ini penting karena remaja ini harus disiapkan secara dini agar tidak mengalami anemia, dan diharapkan setelah kelak dewasa dan cukup umur untuk berumahtangga," kata Kadiskes.

Dikatakannya, tahun 2020-2030 Indonesia diprediksi akan mendapatkan bonus demografi di mana penduduk usia produktif sangat besar (70%). Artinya dalam kurun waktu 3-13 tahun ke depan kita akan memiliki banyak sekali SDM yang tengah pada puncak usia produktif, sehingga diperlukan SDM yang sehat dan berkualitas sebagai modal dasar dalam pembangunan bangsa.

Lebih jauh Mimi menyebutkan bahwa saat ini pemerintah pusat sedang gencar-gencarnya melakukan intervensi terhadap gizi masyarakat terutama tiga permasalahan yang ada yaitu; Gizi Buruk, Gizi Lebih (obesitas) dan Stunting (tinggi badan lebih pendek dari anak seusianya).

Sementara itu, agenda pembagian obat tambah darah ini merupakan kerjasama Diskes Riau dengan Diskes Kota Pekanbaru, Persagi (Persatuan Ahli Gizi) Riau , Ikatan Pemuda Mahasiswa Kesehatan Riau (IPM-KesRi), Poltekes dan dukungan beberapa mitra swasta.

Selain pembagian obat, beberapa rangkaian kegiatan antara lain, Penyuluhan Gizi yang dilakukan secara Roadshow ke 5 Sekolah Dasar di Kota Pekanbaru dari tanggal 22 sd 25 Januari 2018, Lomba Poster dengan tema "Mengkonsumsi Makanan Beragam dan Seimbang " untuk Mahasiswa kesehatan, Seminar dengan tema "Sehat dan Bugar dengan Gizi Seimbang" pada tanggal 27 Januari 2018.

Tak hanya itu, dalam upaya mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan membiasakan mengkonsumsi sayur dan buah, Persagi Riau dan Poltekes Pekanbaru bersama Rumah Zakat membagi- bagikan buah Jeruk dan Sayuran Gratis kepada masyarakat yang hadir di area Car Free Day.(sr3,in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved