Kamis, 26 November 2020  
Kesehatan / Kasus DBD di Pekanbaru Terus Meningkat, di Tenayan Raya Paling Banyak
Kasus DBD di Pekanbaru Terus Meningkat, di Tenayan Raya Paling Banyak

Kesehatan - - Jumat, 23/11/2018 - 05:04:29 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Korban wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Pekanbaru terus meningkat. Hingga bulan November 2018, setidaknya sudah tercatat 316 kasus di minggu ke-46 tahun ini, dengan kasus tertinggi berada di Kecamatan Tenaya Raya, yakni 59 kasus.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, berikut ini jumlah kasus DBD dimasing - masing kecamatan, yakni di Kecamatan Payung Sekaki 49 kasus, Kecamatan Tampan 47 kasus, Kecamatan Marpoyan Damai 39 kasus, dan Bukit Raya 21 kasus. Kemudian di Kecamatan Sail 3 kasus, Kecamatan Lima Puluh 18 kasus, Rumbai 18 kasus, Rumbai Pesisir 18 kasus, Pekanbaru Kota 10 kasus, Kecamatan Senapelan 22 kasus, dan terakhir di Kecamatan Sukajadi 18 kasus.

Namun, meskipun tampak kian bertambah selama 2018, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes Kota Pekanbaru Gustiyanti, mengatakan jumlah tersebut jauh lebih rendah dari kasus DBD ditahun 2017.

"Tahun ini jauh lebih rendah dari tahun kemarin," ujarnya, Kamis, (22/11/18).

Gustiyanti juga menuturkan bahwa penyebaran kasus DBD dapat diakibatkan oleh perilaku masyarakat. Sehingga masyarakat harus berkomitmen untuk menekan angka kasus DBD, dengan membersihkan tempat - tempat perkembangbiakan nyamuk.

"Selagi masyarakat tidak mendukung, kasus DBD ini akan terus ada, karena penyebarannya berkaitan denga lngkungan masyarakat. Kita akan terus menjalankan program yang ada seperti Kader Jumantik, obat penawar juga disediakan di Puskesmas untuk penyakit ringan," paparnya.

Selain itu pihak Diskes juga akan turun untuk memfogging rumah yang terkena DBD. Ia juga menganjurkan agar menggunakan abate yang dapat diperoleh secara gratis di Puskesmas. (sr5, gr)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved