Selasa, 25 Juni 2019  
Kesehatan / Sepanjang Tahun 2018 Lalu, 358 Warga Pekanbaru Terjangkit DBD
Sepanjang Tahun 2018 Lalu, 358 Warga Pekanbaru Terjangkit DBD

Kesehatan - - Sabtu, 05/01/2019 - 11:49:13 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Selama tahun 2018 kemarin, jumlah Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Pekanbaru mencapai 358 kasus. Jumlah terbanyak ada di Kecamatan Tenayan Raya, yakni 59 kasus.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru, kasus DBD kedua terbanyak di Kecamatan Tampan dan Payung Sekaki, masing-masing 52 kasus. Disusul Kecamatan Marpoyan Damai 47 kasus.

Lalu Kecamatan Bukit Raya 26 kasus DBD, Sukajadi 25 kasus, Senapelan 23 kasus, Limapuluh 21 kasus, Rumbai Pesisir 20 kasus, Rumbai 18 kasus, Pekanbaru Kota 11 kasus dan Sail 4 kasus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes  Pekanbaru, Gustiyanti, menyebut, dari total itu sebagian besar menyerang usia 5 tahun sampai 9 tahun.

Anak usia tersebut memang rentan terserang salah satu penyakit mematikan ini. "Iya, memang anak-anak rentan terserang DBD," kata Gustiyanti, Kamis (3/1).

Ke depan, Gustiyanti meminta masyarakat memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga lingkungan tempat tinggal. Sebab, penyebaran nyamuk pembawa DBD ini berkaitan dengan lingkungan tempat tinggal masyarakat.

"Hal itu juga berkaitan dengan prilaku masyarakat. DBD ini disebabkan oleh lingkungan. Selagi masyarakat tidak mendukung, itu pasti tetap ada kasusnya," kata dia.

Program untuk menekan penyebaran DBD, program Dinas kesehatan terus berjalan. Seperti kader jumantik, kata dia terus melakukan penyuluhan.

Selain itu, jika ada yang terkena DBD, Puskemas di kecamatan masing-masing siap memberi pertolongan. "Jika ringan kita ada obat di Puskesmas, dan juga bisa kita rawat. Untuk nyamuknya kita ada menyediakan abate. Khusus untuk membunuh jentik nyamuk," jelasnya.

Abate itu kata dia bisa didapatkan secara gratis di Puskesmas. Kemudian Diskes juga melaksanakan fogging apabila memang ada masyarakat menderita DBD.  "Kita dari Diskes akan turun untuk memfogging rumah yang terkena DBD tersebut," kata dia. (sr5, hr)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved