Jum'at, 26 April 2024  
Kesehatan / Tahun Ini Terjadi Peningkatan Kasus DBD di Dumai, 1 Pasien Meninggal Dunia
Tahun Ini Terjadi Peningkatan Kasus DBD di Dumai, 1 Pasien Meninggal Dunia

Kesehatan - - Rabu, 06/02/2019 - 21:43:38 WIB

DUMAI, situsriau.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Dumai menanggapi soal jatuhnya korban jiwa akibat Demam Berdarah Dengue (DBD) di Dumai.

Kepala Dinas Kesehatan Dumai H Paisal mengakui memang terjadi peningkatan kasus DBD.

"Setiap 5 tahun sekali akan terjadi peningkatan jumlah penderita DBD. Perkara DBD Dumai masih dapat kita tanggulangi sehingga belum kita tingkatkan status siaga DBD di Kota Dumai," kata Paisal, kepada wartawan, Rabu (6/1/19).

3 dari 7 Kecamatan di Kota Dumai merupakan daerah endemik DBD adalah Kecamatan Dumai Timur, Dumai Kota, dan Kecamatan Dumai Selatan.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan, Kelurahan dan bahkan tingkat RT untuk menggiatkan gotong royong di lingkungan mereka guna mencegah berkembangnya nyamuk Aedes. Kegiatan ini sudah berjalan," tambah Paisal.

Selain goro, pihaknya juga melakukan fogging di lokasi endemik DBD, lalu membagikan bubuk Abate untuk membunuh jentik - jentik.

"Kami pun berharap masyarakat ikut mensukseskan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat," ajaknya.

Informasi yang berhasil dirangkum, penderita demam berdarah di Kota Dumai mengalami peningkatan. Tercatat selama Januari 2019 ada 58 pasien di rawat di rumah sakit umum daerah (RSUD) Kota Dumai dan seorang pasien tercatat meninggal dunia akibat DBD.

Terpisah Humas RSUD Dumai Dr Topan membenarkan. "Untuk DBD di Kota Dumai selama Januari sudah ada 58 pasien yang sudah dirawat. Dari jumlah pasien yang sudah mendapatkan perawatan seorang pasien meninggal dunia," katanya kepada wartawan.

Dikatakan Topan, untuk korban yang meninggal dunia berinisial FR bayi berusia 6 bulan warga Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur.

"Korban dirawat di RSUD Dumai sejak 4 Januari 2019 sudah Stadium 4. Sempat mendapatkan perawatan selama 1 jam namun nyawa Fr tidak dapat diselamatkan," tambahnya.

Dari data yang dimiliki, 63 pasien yang mendapatkan perawatan di RSUD Dumai akibat DBD ini semuanya berasal dari Dumai yang tersebar di 5 Kecamatan yakni Dumai Kota, Dumai Timur, Dumai Barat, Dumai Selatan dan Kecamatan Bukit Kapur. (Sr5,hr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved