Jum'at, 22 Maret 2019  
Kesehatan / Walikota Minta Dinas Terkait Aktif Tangani DBD di Pekanbaru
Walikota Minta Dinas Terkait Aktif Tangani DBD di Pekanbaru

Kesehatan - - Selasa, 26/02/2019 - 13:03:20 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT meminta dinas terkait untuk berperan aktif. Pasalnya, Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Pekanbaru pada minggu ke delapan tahun 2019 mencapai 75 kasus.

"Kepada dinas kesehatan (Diskes) dan jajaran, puskesmas serta camat, lurah sampai RW dan RT harus berperan aktif dan mari ingatkan masyarakat kita untuk bisa menjaga lingkungan agar bersih," kata Firdaus, Senin (25/2/19).

Firdaus mengatakan, daerah tropis seperti di Indonesia, memang sudah menjadi langganan penyakit mematikan itu. Tetapi, kata dia, harus diingat DBD ini sangat erat hubungannya dengan lingkungan, yaitu kebersihan lingkungan.

"Karena, penyakit ini kan dibawa oleh nyamuk aedes aegypti. Oleh sebab itu mari kita menjaga, lingkungan kita. Mulai dari dalam rumah, karena nyamuk ini malah banyak bersarang dalam rumah, dalam ruangan," kata dia.

Selain itu, masyarakat diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan di kamar mandi. Ia mengingatkan agar jangan ada air tergenang di dalam rumah.

"Dari kamar mandi, yang pakai bak sering dibersihkan. Jangan dibiarkan air tergenang. Penyempurnaan juga tidak boleh terlalu diandalkan, karena penyemprotan itu punya dampak. Saran dari kementerian untuk penyemprotan harus ada kriteria yang dipenuhi," tutur Firdaus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Kota Pekanbaru, Maisel Fidayesi Apt SFarm, mengatakan pencegahan DBD harus dilakukan bersama-sama. Adanya upaya masyarakat untuk pencegahannya sangat diperlukan sekali.

"Kami dari Diskes sudah melakukan edukasi kepada masyarakat melalui kader Puskesmas untuk mengaktifkan satu Rumah satu kader Jumantik," jelasnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk melakukan 3M Plus dan pemberantasan sarang nyamuk. Ia juga mengungkap, saat ini DBD merupakan penyakit tertinggi di Pekanbaru. (sr5, hr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved