Senin, 19 08 2019  
Kesehatan / Konsumsi Makanan Ini agar Tubuh Tetap Fit Selama Menjalankan Puasa
Konsumsi Makanan Ini agar Tubuh Tetap Fit Selama Menjalankan Puasa

Kesehatan - - Senin, 06/05/2019 - 12:05:54 WIB

Situsriau.com - Di Bulan Ramadan ini, merupakan suatu kebutuhan untuk menjaga pola makan yang sehat dikarenakan pola makan saat Ramadan tidak akan berjalan seperti biasanya.

Di saat pola makan berubah dan energi untuk beraktivitas tetap berjalan normal, sistem imunitas tubuh bisa saja mengalami penurunan. Maka dari itu, konsumsi makanan-makanan ini agar tubuh tetap fit selama puasa Ramadan.

Mengembalikan energi saat buka puasa

Ketika berbuka puasa, yang pertama kali dibutuhkan adalah makanan tinggi cairan, rendah lemak, dan makanan yang mengandung beberapa gula alami untuk mempercepat proses pengembalian energi (hindari mengkonsumsi banyak makanan atau minuman dengan tambahan gula). Di bawah ini adalah beberapa contoh:

1. Minuman seperti air putih, susu, jus buah atau smoothie

Air putih akan memberikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau gula tambahan. Minuman yang berbahan dasar susu dan buah ditambah gula dan nutrisi alami juga baik untuk berbuka puasa.

Tapi hindari terlalu banyak konsumsi minuman dengan gula tambahan setelah berbuka puasa karena ini dapat memberikan terlalu banyak gula dan kalori.

2. Kurma

Kurma sering menjadi hidangan berbuka puasa sejak zaman Nabi Muhammad SAW, kurma adalah cara yang bagus untuk berbuka puasa karena mereka menyediakan gula alami untuk energi, menyediakan mineral seperti kalium, tembaga dan mangan, dan merupakan sumber serat.

Dilansir laman Klikdokter, Anda juga bisa mencoba buah-buahan kering lainnya seperti aprikot, buah ara, kismis atau prem, yang juga menyediakan serat dan nutrisi.

3. Buah

Buah memberikan gula alami untuk energi, cairan dan beberapa vitamin dan mineral. Selain itu, kandungan serat dalam buah, bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

4. Sup

Merupakan hidangan ringan untuk berbuka puasa dan memberikan asupan cairan yang cukup. Sup tradisional yang berbahan dasar kaldu daging dan mengandung kacang-kacangan juga sangat baik untuk menyediakan nutrisi dan energi. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved