Selasa, 18 Juni 2019  
Kesehatan / RSUD Arifin Achmad Disiapkan Jadi Pusat Rujukan Pasien Terduga Cacar Monyet
RSUD Arifin Achmad Disiapkan Jadi Pusat Rujukan Pasien Terduga Cacar Monyet

Kesehatan - - Jumat, 17/05/2019 - 10:05:38 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Hingga kini Riau memang dinyatakan bebas dari virus cacar monyet atau monkeypox. Namun, Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad menyatakan kesiapannya sebagai rumah sakit pusat rujukan apabila ditemukan terduga cacar monyet di Provinsi Riau. 

"Sebagai RS Pusat Rujukan tentu kita harus mempersiapkan pelayanannya,"" kata Direktur Utama RSUD Arifin Achmad, Dr. Nuzeli Husnedi di Pekanbaru, Kamis (16/5/19).

Dinas Kesehatan Provinsi Riau menginstruksikan pengawasan di pelabuhan dan bandara diperketat terutama di rute dari Singapura dan Batam, untuk mencegah penularan virus cacar monyet (monkeypox). Di Singapura sudah terdeteksi penderita penyakit cacar monyet.

Apabila ditemukan terduga di Riau, maka langsung dirujuk ke RSUD Arifin Achmad di Kota Pekanbaru. Nuzeli menjelaskan kasus cacar monyet bisa menyerang anak dan orang dewasa. Karena itu, tim dokter utama yang menangani akan berasal dari dokter spesialis anak atau dokter spesialis penyakit dalam, dan bisa juga melibatkan dokter spesialis kulit jika gejala yang muncul di kulit (lesi) cukup berat.

"Kita punya 13 orang dokter spesialis anak, dan 15 orang dokter spesialis penyakit dalam," katanya.

Terduga cacar monyet akan ditempatkan di ruangan khusus. Masing-masing ruang rawat anak dan penyakit dalam di RSUD milik Pemprov Riau itu sudah punya ruang isolasi sendiri.

"Saya minta ruang rawat anak dan ruang rawat penyakit dalam mempersiapkan ruangan isolasi jika nanti ada pasien yang membutuhkannya," katanya.

Ia berharap kasus cacar monyet tidak sampai ke Pekanbaru, dan yang tidak kalah penting adalah upaya pencegahan dari masyarakat sendiri. Seperti lebih memperhatikan kesehatan diri termasuk keluarga dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Mengenal gejala-gejala yang berhubungan dengan monkeypox agar bisa diatasi secara dini, menghindari kontak dengan binatang yang terinfeksi atau orang yang terinfeksi," kata Nuzeli.(sr5, an)



Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved