Jum'at, 23 08 2019  
Kesehatan / Dampak Kabut Asap, Penderita ISPA di Rohul Capai 239 Jiwa
Dampak Kabut Asap, Penderita ISPA di Rohul Capai 239 Jiwa

Kesehatan - - Selasa, 13/08/2019 - 22:09:42 WIB

PASIRPENGARAIAN, situsriau.com - Kabut Asap di sejumlah Kabupaten Kota di Provinsi Riau, sudah mulai ganggu kesehatan masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Meski titik panad di Rohul nihil, asap kiriman dari kabupaten tetangga sebabkan warga di perbatasan mulai terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Dari data Dinas Kesehatan Rohul, jumlah penderita ISPA sudah mencapai 239 jiwa di 16 Kecamatan, dimana daerah terdekat perbatasan Rohul-Kampar, seperti Kabun, Ujung Batu dan Rambah Samo menjadi yang terbanyak terserang ISPA.

Informasi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rohuk, dr. Bambang Triyono, kemarin, melalui dari data yang dihimpun di 3 Kecamatan tersebut, jumlah warga yang terserang ISPA capai 95 kasus antara lain Rambah samo 43 kasus, Kabun 31 Kasus, dan Ujung Batu 21 kasus.

“Di Kecamatan Kabun berbatasan langsung dengan Kabupaten Kampar, pihak Puskesmas setempat bahkan sudah meminta bantuan masker guna mengatasi kabut asap yang mulai menebal di daerah tersebut," kata Kadiskes Bambang.

Bambang juga mengaku, secara umum daerah yang terdampak kabut asap di Rohul baru sebatas di daerah perbatasan dengan kabupaten yang terjadi peristiwa karlahut.

Sedangkan untuk di wilayah ibukota Pasir Pangaraian dan sekitarnya, kondisi udara masih normal dan penderita ISPA umumnya merupakan kasus rutin terjadi bukan karena pengaruh kabut asap.

Selain ISPA, sesuai data petugas Diskes Rohul juga terdapat 23 Kasus Iritasi Mata 23, 14 Kasus Iritasi kulit, 1 Kasus Pneumonia, dan 13 Kasus Asama.(sr5, hr)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved