Selasa, 12/11/2019  
Kesehatan / Riau Urutan ke-11 Nasional Kasus HIV AIDS
Riau Urutan ke-11 Nasional Kasus HIV AIDS

Kesehatan - - Senin, 02/12/2019 - 10:15:07 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Kasus HIV AIDS di Riau masih cukup tinggi. Secara nasional HIV AIDS di Riau berada di posisi ke 11 dari 34 provinsi di Indonesia dengan 2.607 kasus hingga September 2019.

Melihat tingginya kasus HIV AIDS di Riau, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution meminta semua pihak untuk peduli dan bisa bersama-sama untuk mencegahnya. Sebab persoalan HIV AIDS di Riau tidak akan bisa dikurangi kasusnya jika hanya mengandalkan dinas kesehatan atau rumah sakit saja.

Semua pihak harus ikut berpartisipasi aktif untuk mencegah terjadinya penularan penyakit ini. "Semua stake holder harus bersama-sama memerangi HIV AIDS. Tidak bisa kita serahkan semuanya ke Dinas Kesehatan atau pelayanan kesehatan saja. Harus bersama-sama kita menanggulanginya," kata Edi, akhir pekan lalu.

Bukan tanpa alasan, keterlibatan semua pihak memang sangat dibutuhkan untuk menekan angka kasus HIV AIDS di Riau. Karena kasus ini dipengaruhi oleh perilaku budaya sosial dan lingkungan.

Edy yang juga ketua Komisi Perlindungan HIV AIDS Provinsi Riau ini meminta semua pihak berjuang bersama untuk menangani kasus ini agar dapat menurun. Sebab ada banyak jalan penyebaran HIV/AIDS.

"HIV/AIDS merupakan masalah sosial kemasyarakatan dan pembangunan. Oleh karena itu upaya penanggulangan harus diintegrasikan ke dalam program pembangunan nasional, program pembangunan provinsi maupun program pembangunan kabupaten dan kota," sebutnya seperti dilansir tribunpekanbaru.

Edy mengungkapkan, sejauh ini Pemprov Riau sudah melakukan sejumlah upaya untuk menekan angka kasus HIV AIDS di Riau. Pemerintah telah menetapkan standar pelayanan minimal (SPM) yang harus dicapai.

Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 2 tahun 2018 diikuti dengan Permendagri Nomor 100 tahun 2018 dan Permenkes Nomor 4 tahun 2016. Pencapaian SPM tersebut menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, dalam hal ini bupati, walikota, maupun gubernur.

Pemerintah Provinsi Riau sudah berupaya melakukan penanggulangan HIV/AIDS dengan ditetapkannya Perda nomor 4 tahun 2006 tentang Penanggulangan HIV/AIDS.

Selain itu membentuk Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Riau, mengacu pada Permendagri Nomor 20 tahun 2007 tentang Pembentukan KPA dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Penanggulangan HIV/AIDS di daerah.

Kasus pada ibu rumah tangga menduduki rangking ketiga terbesar. Jika dilihat dari kelompok usia, temuan kasus tersebar banyak ditemukan pada kelompok usia antara 25 sampai 45 tahun.

"Artinya ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) ini dalam usia yang sangat sangat produktif. Proporsi terbesar kurang lebih 60 persen. Data ini sangat memprihatinkan," ujarnya. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved