Selasa, 12/11/2019  
Kesehatan / Warga Riau Diminta Waspada Virus Corona
Warga Riau Diminta Waspada Virus Corona

Kesehatan - - Jumat, 24/01/2020 - 10:59:55 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Kendati belum masuk ke Indonesia, namun masyarakat Riau diminta tetap waspada terhadap Virus Corona yang berasal dari China. Bila mengalami demam, batuk disertai kesulitan bernafas, masyarakat harus segera mencari pertolongan ke layanan kesehatan terdekat.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir, Kamis (23/1/20). Menurutnya virus ini dapat menyebar dari satu orang ke orang lainnya. ahkan di China sendiri sudah ada 200 orang lebih yang terkena virus ini.

"Alhamdulillah sampai sekarang belum ada satupun laporan dari kabupaten/kota sekaligus sarana pelayanan kesehatan yang melaporkan adanya masyarakat yang terkena virus corona. Tetapi begitu, kita harus tetap waspada," kata Mimi.

Dijelaskan Mimi, Virus Corona ini adalah Pneumonia yang merupakan infeksi atau peradangan akut pada jaringan paru yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, seperti bakteri, virus, parasit, jamur, pajanan bahan kimia atau kerusakan fisik paru.

"Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, prevalensi pneumonia berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan yaitu sekitar 2 persen, sedangkan pada tahun 2013 ada sekitar 1,8 persen," ungkapnya.

Ditambahkannya, kalau dilihat dari data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 2014, jumlah penderita pneumonia di Indonesia pada tahun 2013 berkisar antara 23 persen-27 persen, dan kematian akibat pneumonia ada sekitar 1,19 persen. Dan pada tahun 2010 pneumonia di Indonesia termasuk dalam 10 besar penyakit rawat inap di rumah sakit.

"Gejala yang muncul pada pneumonia ini diantaranya demam, lemas, batuk kering dan sesak sekaligus sulit bernafas. Dan beberapa kondisi sering ditemukan pada orang yang lanjut usia, atau memiliki penyakit penyerta lain," sebut Mimi sembari mengimbau masyarakat menjalankan pola hidup sehat dan bersih. (sr5, mr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved