Selasa, 12/11/2019  
Kesehatan / Belum Ada Vaksin, Akankah Virus Corona Bermutasi?
Belum Ada Vaksin, Akankah Virus Corona Bermutasi?

Kesehatan - - Rabu, 12/02/2020 - 08:37:06 WIB

JAKARTA, situsriau.com - Hingga saat ini, para ilmuwan dari berbagai negara di dunia sedang berupaya menciptakan obat antivirus untuk mengatasi wabah virus 2019-nCoV atau coronavirus. Tapi apakah virus itu bisa bermutasi di kemudian hari?

Dikutip dari The Guardian, ahli epidemiologi di LSHTM Prof Peter Smith mengatakan sampai saat ini coronavirus atau virus corona ini relatif stabil atau tidak terlihat ada tanda-tanda itu akan bermutasi.

Tapi, karena ditularkan melalui antarmanusia, dr Smith mengatakan virus tersebut malah menjadi lebih beradaptasi pada manusia. Virus itu beradaptasi untuk bisa terus bertahan hidup di dalam tubuh manusia.

"Dengan keadaan itu, pada umumnya virus tidak akan sampai membunuh orang tersebut. Virus itu hanya menginfeksi dan menyebabkan masalah kesehatan yang relatif sedikit," katanya.

Menurut dr Smith, dalam kasus yang sudah sebesar ini tidak mungkin kalau virus corona diasumsikan masih dalam satu genus dengan flu biasa. Untuk menanganinya, perlu membuat vaksin flu jenis baru dan harus diperbaharui tiap tahunnya. Tapi, bukan berarti kalau sudah ada vaksinnya risiko terkena virus tersebut akan hilang.

"Saya berharap, coronavirus ini tidak akan bermutasi dengan cepat, sebelum vaksinnya (antivirus) ditemukan," harapnya.(sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved