Selasa, 12/11/2019  
Kesehatan / Waspada Corona, Seluruh Pendatang di Riau Asal Luar Negeri Diberi Kartu Kuning
Waspada Corona, Seluruh Pendatang di Riau Asal Luar Negeri Diberi Kartu Kuning

Kesehatan - - Selasa, 18/02/2020 - 23:07:22 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama instansi terkait lainnya masih terus tingkatkan kewaspadaan terhadap wabah virus Corona.

Karena itu, setiap penumpang dari luar negeri yang datang ke Riau melalui pintu masuk bandara dan pelabuhan, diperiksa untuk mendeteksi wabah virus Corona. Selain itu penumpang juga akan diberi kartu kuning untuk mengetahui kronologi perjalanan.

Hal itu dilakukan menyusul adanya penemuan kasus Corona di negeri tetangga, mengingat letak geografis Provinsi Riau tak jauh dengan Malaysia dan Singapura.

"Kita lebih meningkatkan kewaspadaan di pintu masuk bandara dan pelabuhan dengan adanya kasus Corona di negara tetangga," kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Selasa (18/2/20).

Bahkan, lanjut Mimi, saat ini penumpang baik itu Warga Negara Asing (WNI) maupun Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri yang masuk Riau diberi kartu kuning oleh petugas.

"Kartu kuning itu diisi oleh setiap penumpang dari luar negeri. Supaya ketika tidak terdeteksi dengan alat Body Scanner dan Thermal Sceanner, namun baru bergejala saat di rumah, maka kartu itu bisa dibawa ke sarana kesehatan, sehingga ada kronologi perjalanan mereka," terangnya.

Disinggung gejala virus Corona agar masyarakat bisa lebih mengantisipasi, Mimi menyatakan gejala virus Corona bisa mulai demam dan batuk-batuk.

"Tapi definisi yang bisa terjangkit virus itu yang pernah melakukan perjalanan ke Wuhan China. Karena definisi itu WHO yang menentukan, selain itu belum ada yang namanya terjangkit dari Malaysia atau negara lainnya," tukasnya.(sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved