Senin, 30 November 2020  
Kesehatan / Ternyata 20% Penularan Covid-19 di Riau Berasal dari OTG
Ternyata 20% Penularan Covid-19 di Riau Berasal dari OTG

Kesehatan - - Senin, 26/10/2020 - 19:46:14 WIB

PEKANBARU, situsriau.com - Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Riau dokter Wildan Asfan mengungkapkan 20% penularan wabah covid-19 di Riau dari Orang Tanpa Gejala atau OTG. 

“Kami melihat penularan terjadi karena sikap abai. Warga yang tidak sadar maka akan tertular virus ini,” ungkapnya, Senin (26/10/20).

Dia menekankan, dalam situasi seperti ini, penting bagi masyarakat untuk selalu taat pada disiplin protokol kesehatan. Terutama menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

Sejauh ini, menurut Wildan, hanya itu satu-satunya cara ampuh untuk menekan angka kasus penularan wabah corona.

Dia menjelaskan, seperti dikutip mediacenterriau, dengan angka kasus 20% penularan melalui OTG, maka dapat disimpulkan dari 100 orang 20%-nya ditularkan melalui OTG.

Perlu menjadi perhatian, karena memang OTG merupakan pasien tanpa gejala yang sulit terdeteksi. Padahal dalam keseharian, bisa jadi OTG berbaur dengan orang lain dalam satu kerumunan, bisa dalam sebuah acara, atau saat berkumpul di tempat publik.

“Prinsip kita memakai masker, dan menganggap semua orang yang ada di dalam ini adalah OTG. Agar penularan langsung bisa terhindar,” kata Wildan.(sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved