Selasa, 12 Desember 2017  
LifeStyle / Kapan saat yang Tepat Anak Dilepas Sikat Gigi Sendiri?
Kapan saat yang Tepat Anak Dilepas Sikat Gigi Sendiri?

LifeStyle - - Sabtu, 04/03/2017 - 10:50:08 WIB

JAKARTA, situsriau.com - Sejak dini, anak perlu diajarkan kebiasaan menyikat gigi agar terhindar dari karies. Dalam hal ini, orangtua harus selalu memberikan pendampingan hingga anak mencapai usia di mana ia bisa dilepas untuk menyikat gigi sendiri.

"Orangtua harus membantu anak sikat gigi hingga usia delapan tahun," kata dokter spesialis kedokteran gigi Felicia Melati dalam diskusi kesehatan bersama Bamed Dental Care di Tamnak Thai.

Bantuan dan pendampingan orangtua diperlukan hingga anak berusia delapan tahun karena menyikat gigi membutuhkan gerakan motorik halus. Sedangkan kemampuan motorik halus anak baru optimal di usia sekitar delapan tahun.

Pada usia balita, proses menyikat gigi anak harus dibantu oleh orangtua. Akan tetapi, dalam usia ini, anak juga boleh diajarkan untuk belajar menyikat giginya sendiri. Setelah anak selesai menyikat gigi, orangtua juga harus menyikat kembali gigi anak, khususnya di bagian yang sulit dijangkau oleh anak.

Akan tetapi memasuki usia enam tahun, orangtua dapat mulai mengurangi perannya dalam menyikat gigi anak. Anak sudah bisa menyikat gigi sendiri. Akan tetapi karena kemampuan motorik halus anak belum optimal, orangtua tetap harus mengawasi dan mendampingi anak selama proses menyikat gigi hingga anak berusia delapan tahun. Pengawasan diperlukan agar tidak ada area gigi yang terlewat dari proses penyikatan.

"Yang sering kali orang tua lupa dan cukup sulit anak bersihkan ialah bagian dalam gigi," tambah Felicia.

Beberapa teknik menyikat gigi yang sebaiknya diajarkan kepada anak ialah gerakan roll, horizontal dan circular. Waktu yang disarankan untuk menyikat gigi ialah pagi setelah makan dan malam sebelum tidur. Menyikat gigi di siang hari setelah makan siang juga boleh dilakukan sebagai tambahan.

"(Pasta gigi anak yang digunakan) Sedikit saja, selapis tipis di atas permukaan sikat gigi. Tidak perlu banyak-banyak," jelas Felicia.(sr5, in)



Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved