Selasa, 24 Oktober 2017  
LifeStyle / Bagi Catlovers...Jangan Abaikan 5 Fakta Penting Tentang Kucing dan Susu Sapi Ini
Bagi Catlovers...Jangan Abaikan 5 Fakta Penting Tentang Kucing dan Susu Sapi Ini

LifeStyle - - Sabtu, 12/08/2017 - 15:22:57 WIB

Situsriau. com - Kamu para penyayang Kucing bisa jadi keliru saat memberi makan atau minumnya.

Misalnya susu sapi. Pernakah memberikan kucing susu sapi? Pasti diantara catlovers pernah memberikan kucingnya susu sapi. 

Kucing memang menyukai susu sapi, tetapi apakah susu sapi itu baik untuk kucing? Jawabannya adalah TIDAK! Jangan pernah memberikan susu sapi kepada kucing. Mengapa susu sapi tidak baik untuk kucing? Berikut jawabannya, seperti dikutip situs Cattery:

1. Kucing tidak akan mendapatkan nutrisi tambahan dari susu sapi
Kucing telah mendapatkan diet kaya protein dari cat food yang telah disesuaikan dengan kebutuhan gizi si kucing. Menambahkan susu pada diet kucing, biarpun si kucing sangat menyukainya, tidak akan membuat si kucing bertambah sehat. Nutrisi yang ada di susu sapi sudah bisa didapatkan kucing di cat food, dan juga terlalu banyak cairan susu yang diminum kucing akan membuat kinerja pencernaan kucing menjadi tidak optimal. Selain iu kalori yang tinggi pada susu akan membuat kucing menjadi obesitas.

2. Susu sapi akan membuat berbagai gangguan kesehatan pada kucing
Kebanyakan kucing tidak dapat mencerna laktosa. Jika kucing sering diberikan susu sapi, dalam jangka si kucing akan terganggu kesehatannya. Beberapa kucing yang tidak toleran terhadap susu akan mengalami muntah-muntah, diare, sakit perut dan masalah pada kulitnya.

3. Intoleransi laktosa adalah hal umum bagi semua kucing
Tidak peduli banyak orang atau berita yang menyatakan bahwa susu sapi baik bagi kucing, namun pada kenyataannya adalah susu sapi tidak baik bagi kucing. Untuk mencerna laktosa, kucing membutuhkan enzim bernama laktase. Enzim ini ada pada kucing ketika ia lahir, namun semakin menghilang seiring bertambahnya umur si kucing. Semakin berkurangnya produksi enzim laktase pada kucing, maka semakin sulit bagi si kucing untuk mencerna susu sapi. Oleh karena itu, kita harus berhenti memberikan susu pada kucing setelah ia telah lepas masa sapih.

4. Anak kucing membutuhkan susu induknya, bukan susu sapi.
Susu induk kucing memang yang terbaik bagi anak kucing. Bahkan dengan banyaknya enzim laktase yang dimiliki, anak kucing masih sulit untuk mencerna semua laktosa yang ada pada susu sapi. Selain itu, susu sapi juga memiliki whey dan kasein yang tidak seimbang bagi anak kucing, itu lah mengapa susu induk kucing adalah yang terbaik. Jika kita memiliki anak kucing yang tidak memiliki induk, mereka harus diberikan susu khusus kucing, yang bisa kita dapatkan di pethsop, untuk memastikan anak kucing tersebut tumbuh sehat.

5. Kucing lebih membutuhkan air dibandingkan susu
Seperti yang telah dijelaskan, semakin bertambahnya usia si kucing, maka ia tidak membutuhkan susu. Susu dapat menambah berat badan kucing dan membuat pencernaan kucing bermasalah, sedangkan air justru membuat kucing sehat. Kucing membutuhkan air untuk mengatur suhu badan, mencerna makanan, menghilangkan kotoran dan memungkinkan elektrolit melewati tubuh mereka. Pastikan untuk menyediakan air bagi kucing di sekitar rumah kita.

Berikut berbagai fakta tentang kucing dan susu sapi. Jadi apakah catlovers masih akan memberikan susu sapi pada si kucing? Semoga tulisan ini menambah pengetahuan catlovers serta membuat catlovers tidak memberikan susu sapi pada kucing.(sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved