Selasa, 12 Desember 2017  
LifeStyle / Ingin Turunkan Berat Badan? Rutinkan Saja Mendengar Musik
Ingin Turunkan Berat Badan? Rutinkan Saja Mendengar Musik

LifeStyle - - Rabu, 11/10/2017 - 14:57:04 WIB

Situsriau.com - Musik membuat rasa nyaman dan enjot saat mendengarkannya. Namun, ternyata ada manfaat tersembunyi dari mendengarkan musik, yaitu membantu menurunkan berat badan.

Hal itu terjadi karena sentuhan musik di telinga, terutama musik dari musisi favorit, dapat menghidupkan sejumlah sel dalam tubuh. Dan beberapa di antaranya berkaitan dengan proses penurunan berat badan, seperti rangsangan pola makan hingga pola istirahat.

Berikut ini penjelasan bagaimana musik bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

1. Membuat makan lebih sedikit

Musik romantis yang diputar saat Anda makan malam di sebuah restoran tak hanya bertujuan untuk membuat nyaman. Saat Anda makan ditemani dengan alunan musik, ada kemungkinan Anda akan makan dalam jumlah yang lebih sedikit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa musik dan porsi makan adalah dua hal yang memang berkaitan. Terutama jika musik yang mengiringi makan Anda adalah musik beraliran jazz. Sensasi yang diciptakan, didukung dengan suasana romantis dan penerangan yang sesuai, benar-benar dapat membuat Anda makan secara perlahan dan cenderung sedikit atau tidak melebihi porsi.

2. Meningkatkan semangat berolahraga

Rasanya hampir sulit menemukan orang yang bisa dengan mudah dan konsisten berolahraga. Tak jarang ada rasa malas dan enggan yang menghampiri saat Anda hendak memulai olahraga. Ternyata, mendengarkan musik ampuh untuk membuat Anda lebih bersemangat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik sambil berolahraga dapat meningkatkan ketahanan, kekuatan, dan produktivitas keringat. Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan musik untuk meningkatkan gairah dalam aktivitas sehari-hari. Seperti berjalan kaki, yang semakin malas dilakukan orang, padahal dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Satu studi menemukan bahwa pejalan kaki cenderung berjalan lebih cepat saat mendengarkan musik. Karena mereka menyinkronkan gaya berjalan dan langkah kaki dengan tempo musik.

3. Mencegah insomnia

Sulit tidur di malam hari alias insomnia adalah faktor yang dapat menggagalkan usaha Anda dalam menurunkan berat badan. Kurang tidur dapat mengacaukan siklus hormon di dalam tubuh. Perubahan hormonal tersebut bisa memicu rasa lapar dan membuat Anda tidak juga merasa kenyang.

Akhirnya, hal itu akan mendorong Anda untuk terus makan agar rasa lapar dapat berkurang. Dan mendengarkan musik adalah salah satu kebiasaan yang dapat Anda coba untuk membantu memperbaiki pola tidur.

Sebuah penelitian terhadap masalah tidur remaja, menganjurkan untuk mendengarkan musik yang menenangkan selama 45 menit sebelum tidur. Hal itu dinilai dapat merangsang otot-otot untuk beristirahat.

Nah, ternyata mendengarkan musik bisa dijadikan teman dalam proses penurunan berat badan. Selain menyenangkan, cara ini juga sangat sederhana dan tak perlu biaya lebih.(sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved