Selasa, 18 Juni 2019  
LifeStyle / Buka Bersama Gubri dan Forkopinda, Ketua PWI Riau Sampaikan 3 Poin
Buka Bersama Gubri dan Forkopinda, Ketua PWI Riau Sampaikan 3 Poin

LifeStyle - - Kamis, 30/05/2019 - 00:44:04 WIB

PEKANBARU, situsriau.com- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau sampaikan 3 poin khusus kepada Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi saat buka puasa bersama yang juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Rabu (29/5/19).

Acara yang berlangsung di Balai Serindit Gedung Daerah Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru ini dihadiri ratusan wartawan cetak, online dan elektronik.

"Teman-teman wartawan berterima kasih dalam masa 99 hari kerja itu, kita sudah dua kali berkumpul. Pertama pada Hari Pers Nasional yang lalu dan pada hari ini saat buka puasa bersama,"  ujar Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang dalam sambutannya.

Aspirasi yang kedua, sebut Zulmansyah, teman-teman tadi minta  Gubernur untuk menyampikan kira-kira apa hal penting yang sudah dilakukan selama 99 hari bertugas di Provinsi Riau. Sehingga kawan-kawan bisa mendengarkan dan menjadi headline di halaman satu.

"Jadi kawan-kawan menunggu informasi itu. Informasi penting apa yang perlu disampaikan ke masyarakat dalam masa 100 hari kerja Pak GubernurGubernur," ujar Zulmansyah.

Aspirasi ketiga, lanjut Zulmansyah, ini yang lebih penting lagi. Karena ini lebih dekat hari raya Idul Fitri, teman-teman ini terutama dari perusahaan pers banyak publikasi dengan Pemerintah Provinsi Riau sebagian belum cair.

"Jadi kalau bisa didorong iklan-iklan bisa dicairkan dalam minggu ini, teman-teman bisa ikut bergembira di hari raya nanti. Hari ini sudah cair untuk langganan koran katanya. Saya dengar langganan korannya sudah cair, iklannya yang belum cair. Jadi kalau bisa Kamis dan Jumat cair, hari Senin teman-teman bisa beli baju hari raya Pak Gubernur. Tentu kami berterima kasih jika itu bisa dilakukan teman-teman di Pemerintah Provinsi Riau," beber Zulmansyah seraya menyampaikan, kegiatan buka puasa ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan. Disamping untuk bersilaturahmi antara PWI dengan anggotanya, dimana saat ini sudah 2.030 wartawan.

"Selain silaturahmi diantara sesama wartawan, kegiatan berbuka puasa ini juga silaturahmi dengan Pak Gubernur dan Forkopimda. Karena Pak Gubernur dan Forkopimda adalah newsmaker kami dan narasumber kami. Karena itu teman-teman berharap, kalau PWI atau SPS mengadakan kegiatan Forkopimda bisa hadir menjelaskan kalau ada program-program penting yang ingin diketahui masyarakat banyak," papar Zulmansyah. 

Dikatakan Zulmansyah, pers sekarang memang sulit mendapatkan narasumber. Tapi kalau ada acara seperti ini wartawan bisa bertemu langsung mewawancarai para Forkopimda terutama dengan Gubernur.

Sementara itu, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan buka puasa ini bisa menambah ikatan persaudaraan. Bahkan Agama Islam menuntut untuk terus menjaga silaturahim yang berkepanjangan, tentunya sampai Idul Fitri. 

"Pertama sekali saya menyampaikan ucapan  terima kasih atas kesediaan senior-senior dari PWI hadir pada acara berbuka puasa bersama ini. Juga tak lupa ucapan terima kasih kepada Forkopimda bisa hadir bersama kita," ucap Gubri.

Apa yang disampaikan Ketua PWI, sebut Mantan Bupati Siak dua periode ini, mohon bantuan dari dinas instansi terkait dalam hal ini Dinas Infokom atau Biro Humas terhadap masih ada hutang yang belum dibayar. Karena halalnya salaman itu, kalau selesai hutang piutang. 

"Kalau salamnya belum selesai hutang piutang, itu belum bayar. Kan begitu, ada pula akadnya. Jadi mudah-mudahan kami harapkan masih ada hari hingga 31 Mei 2019 terhadap kawan-kawan ini yang bisa dibantu," kata Gubri.

Tadi, Gubri, dirinya juga menerima aspirasi dari anggota PGRI terkait THR. Karena THR  ini ada aturannya.

"Tapi tadi saya sampaikan juga ada yang bisa dan ada yang tidak. THR kan ada aturan. Jadi tadi saudara-saudara kami guru ini membaca peraturan pemerintah berkaitan THR dengan gaji 13 ini kan beda. Dia pikir itu masih peraturan pemerintah tahun 2015. Sementara peraturan pemerintah tahun 2019 beda lagi. Jadi saya bilang dengan amat menyesal, memang belum dapat kami akomodir. Karena peraturan untuk mengakomodir itu belum ada," terang Syamsuar.

Dikesempatan itu, Gubri menaruh harapan kepada semua wartawan. Pertama mengucapkan terima kasih atas dukungan dan support wartawan baik kepada Gubri.maupun Wakil Gubernur Riau yang sekarang sudah memasuki 99 hari maupun juga untuk menciptakan suasana amam dan kondusif selama pelaksanaan pemilu. Tentunya ini tidak terlepas dari peran wartawan yang sangat membantu pemerintah sekaligus juga masyarakat Riau.

"Harapan kami kedepan, tentunya mari kita pelihara suasana aman dan kondusif ini. Dan juga sekaligus jika ada suasana yang kurang pada tempatnya, harapan kami wartawan dapat memberikan penjelasan setelah nanti menerima penjelasan-penjelasan dari pihak-pihak terkait. Baik berkaitan dengan KPU, Bawaslu atau mungkin pemerintah daerah, kapolda dan sebagainya. Agar tentunya tidak terjadi suatu hal yang tidak kita harapkanharapkan baik isu-isu yang menyebarkan berita bohong, berita fitnah, atau nanti menyebarkan isu-isu yang nanti tidak dapat dipertanggung jawabkan. Jadi ini kiranya kami harapkan peran wartawan senantiasa dapat memelihara suasana aman, damai dan kondusif. Karena modal untuk membangun kedepan, suasana aman dan kondusif ini yang kita harapkan. Dan mudah-mudahan suasana ini selalu tercipta untuk Bumi Riau yang kita cintai ini," harap Syamsuar.(rls)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved