Selasa, 12/11/2019  
LifeStyle / Inilah Negara yang Tidak Suka Basa-basi, Apalagi ke Turis
Inilah Negara yang Tidak Suka Basa-basi, Apalagi ke Turis

LifeStyle - - Kamis, 04/07/2019 - 10:49:05 WIB

HELSINKI, situsriau.com - Tiap negara punya cara sendiri dalam hidup bermasyarakat. Inilah orang Finlandia yang lebih memilih diam dari pada basa-basi dalam kehidupan sehari-hari.

Diam adalah emas. Peribahasa ini bisa dibilang sangat umum. Tapi di Finlandia, peribahasa ini menjadi akar dari kehidupan sosial masyarakatnya.

Finlandia memiliki lanjutan dari peribahasa tersebut. Lengkapnya, Diam adalah emas, berbicara itu perak. Sehingga masyarakat Finlandia tidak suka basa-basi, seperti yang dikutip detikcom dari BBC.

Kalau kamu tiba di negeri ini, cobalah amati suasana transportasi umum yang cenderung hening. Bahkan biasanya hanya turis yang suka mengobrol di dalam transportasi publik.

Ini semua bukan tanpa sebab. Orang Finlandia memang memiliki tradisi untuk tidak ikut campur atau menjauhi masalah.

Kalau pertanyaan apa kabar menjadi sapaan atau hanya basa-basi, lain cerita jika dilontarkan kepada orang Finlandia. Orang Finlandia akan menanggapi pertanyaan ini dengan serius.

Dari pertanyaan singkat, orang Finlandia akan bercerita tentang kehidupan mereka sampai apa yang sudah mereka capai. Bisa dibilang, basa-basi jadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan oleh orang Finlandia.

Tak ada jawaban pendek atau sekedarnya. Pertanyaan yang sudah diketahui jawabannya akan terlihat sia-sia bagi orang Finlandia.

Ada teori lain yang mengatakan bahwa orang Finlandia sangat menghargai ruang personal. Mereka tidak ingin membuat orang lain tidak nyaman dengan mengajak berbasa-basi.

Kecenderungan untuk menjaga jarak adalah cara orang Finlandia menghargai sesamanya. Tak bisa disangkal, ini sudah mendarah daging.

Anggapan lain adalah karena kendala bahasa. Finlandia menggunakan dua bahasa utama yaitu Finlandia dan Swedia. Bahasa Inggris baru mulai diajarkan ketika anak berusia enam atau tujuh tahun.

Ketika harus berbasa-basi dengan orang asing, penduduk Finlandia akan sedikit kesulitan dalam mengekspresikan diri. Menurut mereka akan lebih baik diam dari pada terlibat masalah dalam percakapan.

Walau demikian, bukan berarti orang Finlandia 'dingin'. Cobalah untuk menaruh perhatian dari percakapan yang dibuat. Karena kalau sudah terbuka, orang Finlandia akan sangat ramah lho. (sr5, dc)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved